Main Menu

Pelantikan Gubernur Sumsel Tunggu Jadwal Presiden

Iwan Sutiawan
22-09-2018 00:20

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (GATRA/Arif Koes/FT02)

Palembang, Gatra.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan pelantikan kepala daerah terpilih pada Pilkada 2018 masih menunggu jadwal dari Presinden Joko Widodo (Jokowi). Namun, jadwal pelantikkan masih harus memperhatikan masa jabatan kepala daerah sebelumnya.

 

"Banyak yang bertanya kepada kami [Kemendagri] kapan pelantikan Gubernur terpilih. Padahal, kewenangannya kami hanya mempersiapkan dan memastikannya berjalan dengan baik, dan mengenai jadwal pelantikan sepenuhnya Presiden," ujar Tjahjo usai melantik penanggujawab (Pj) Gubernur Sumsel, Hadi Pranomo di Griya Agung, Palembang, Sumsel, Jumat (21/9).

Dalam sambutannya, Tjahjo menerangkan proses pelantikkan harus memperhatikan masa jabatan kepala daerah sebelumnya. Mengingat dalam peraturannya, masa jabatan kepala daerah berlangsung lima tahun. Karena itu, saat kepala daerah mengundurkan diri sebelum habis masa jabatannya maka ditunjuk pejabat penanggungjawab (Pj). "Sehingga tidak boleh satu hari pun masa jabatan dikurangi," ucapnya.

Diketahui masa jabatan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel, Alex Noerdin-Ishak Mekki berakhir pada 9 November mendatang. Namun menjelang akhir jabatannya, keduannya menyatakan mundur karena memilih menjadi calon legislatif (caleg) DPR RI dengan daerah pemilihan (dapil) Sumsel.

Kata Tjahjo, Pj Gubernur mempunyai kewenangan sama dengan pejabat Gubernur yakni bertugas memastikan program pemerintah pusat tetap berjalan baik di daerah. Selain itu, melakukan koordinasi dengan kepala daerah di kota dan kabupaten guna bersinergi pada agenda pembangunan dan berkoordinasi dengan legislatif dalam pembahasan peraturan daerah termasuk penggunaan anggaran.

"Pj bisa merotasi pejabat hingga penerbitkan peraturan yang dibutuhkan guna menggerakkan roda pemerintahan transisi sampai dengan dilantik kepala daerah terpilih," ujar Tjahjo.

Terhitung 21 September, Sumsel dipimpin Pj Gubernur Hadi Pramono yang saat ini tengah menjabat sebagai Seketaris Jendral (Sekjend) Kemendagri RI. Proses pelantikan Hadi telah dilakukan di Griya Agung Palembang oleh Menteri Tjahio dihadiri oleh pasangan kepala daerah yang mengundurkan diri.

Selain Sumsel, Tjahjo menyampaikan terdapat dua provinsi lainnya yang akan dipimpin oleh Pj Gubernur, yakni Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Riau. Ketiga kepala daerah di provinsi tersebut menyatakan mundur sebelum habis masa jabatannya.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
22-09-2018 00:20