Main Menu

Pelita Jaya Kalahkan Satria Muda Lewat Drama Overtime

Edward Luhukay
10-04-2016 10:45

Bandung, GATRAnews - Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta sukses menaklukan Satria Muda Pertamina Jakarta pada pertandingan Sabtu (9/4) malam, melalui pertarungan sengit dengan skor akhir 72-68 yang berlangsung di Gor C-TRA Arena, Bandung. Faisal Julius Achmad menjadi pahlawan bagi Pelita Jaya pada pertandingan hari ini dengan mencetak 15 poin. Sementara Arki Dikania Wisnu menjadi lumbung poin bagi Satria Muda dengan 19 poin.

Dengan kemenangan ini Pelita Jaya sukses melakukan revans atas Satria Muda serta berhasil mengungguli head to head menjadi 2-1.
 
Pelita Jaya membuka kuarter pertama dengan meyakinkan. Pemain starter mereka Amin Prihantono menjadi kunci pembukaan yang baik bagi Pelita Jaya dengan berhasil melesatkan dua kali tembakan three point dari 3 kali percobaan. Defensive rebound yang diperagakan pemain Pelita Jaya membuat Satria Muda cukup kesulitan menembus zone defense area mereka. Pelita Jaya berhasil unggul 8-4.
 
Sayangnya keunggulan Pelita Jaya pada kuarter pertama ini tidak berlangsung lama. Satria Muda dengan Christian Ronaldo Sitepu dan kawan-kawan berhasil mengambil alih pertandingan lewat perubahan tempo permainan yang cepat. Perubahan permainan ini tidak diantisipasi dengan baik oleh Pelita Jaya.

Alhasil, Satria muda banyak mendapat kesempatan merebut points in the paint dengan keberhasilan 6 tembakan dari 10 tembakan percobaan dan dengan 11 rebound dan 5 assist. Mampu membuat Satria Muda membalikkan kedudukan menjadi 17-13 di akhir kuarter pertama.
 
Pada kuarter kedua pergerakan bigman Satria Muda semakin baik dan memaksa Pelita Jaya melakukan turnover. Akurasi dan efisiensi offense tinggi yang terkenal dari Pelita Jaya tidak tampak di kuarter ini. Pelita Jaya hanya berhasil mengeksekusi tembakan sebanyak 6 kali dari 16 kali tembakan. Satria Muda yang semakin agresif dapat menutup kuarter ini dengan angka 28-24.
 
Memasuki kuarter ketiga permainan Pelita Jaya mulai menemukan pola permainan mereka kembali. Semakin baiknya area pertahanan Pelita Jaya cukup mampu membendung serangan para shooter Satria Muda. Kecerdikan Kelly Purwanto melakukan steal dan tembakan two pointnya berhasil memperkecil defisit poin menjadi 32-33.

Namun permainan bertahan ketat yang diperlihatkan Satria Muda membuat para shooter Pelita Jaya mulai kesulitan mencetak angka. Dengan semakin matangnya permainan Satria Muda pada kuarter ketiga ini membuat mereka berhasil menjaga jarak angka dan menutup kuarter ketiga dengan angka 42-36.
 
Satria Muda makin menunjukkan konsistensi permainannya pada paruh awal kuarter keempat. Lewat bigman andalannya, mereka mampu menerobos zone defense Pelita Jaya. Sebenarnya pada paruh awal kuarter ini Pelita Jaya mulai memainkan serangan cepat. Namun akurasi yang masih buruk ditambah tidak baiknya rotasi pertahanan Pelita Jaya membuat Satria Muda masih mengungguli paruh awal kuarter ini dengan angka 54-44.
 
Terus tertinggal membuat sang pelatih Pelita Jaya Benjamin Alvarezipin berinisiatif melakukan timeout guna melakukan perubahan strategi bermain. Alhasil dipertandingan yang tersisa tiga menit para pemain Pelita Jaya tampil menggebrak dengan akurasi yang kembali ke performanya. Melalui tembakan tiga angka Amin Prihantono dan sumbangan dua angka Dimas Aryo Dewanto Pelita Jaya mampu menipiskan ketertinggalannya menjadi 55-56.
 
Suasana kembali tegang di penghujung kuarter pamungkas ini. Tembakan tiga angka Faisal J. Ahmad di sisa 1,49 detik menghentak Satria Muda. Sumbangan tiga angka Faisal tersebut membalikkan keadaan menjadi 58-56 untuk keunggulan Pelita Jaya. Para pemain dan pendukung Pelita Jaya bersorak merasa yakin timnya akan memenangkan pertandingan ini di akhir waktu regulasi.
 
Namun aksi ini dibalas oleh Christian Ronaldo Sitepu. Pada sisa 1,49 detik lewat assist dari Arki Dikania Wisnu tembakan two point Dodo membawa Satria Muda berhasil menyamakan kedudukan dan membuat pertandingan berlanjut ke babak overtime.
 
Di babak overtime permainan berlangsung sengit. Permainan ngotot ingin memenangkan pertandingan ditampilkan oleh kedua tim. Kejar-kejaran angka terlihat pada babak ini yang membuat penonton merasakan atmosfer ketegangan pertandingan yang seru.

Faisal Julius Achmad kemudian sepertinya mengambil-alih pertandingan. Melalui kontrol bola yang mantap dan aksi terobosan ke jantung pertahanan lawan Faisal mampu mengangkat Pelita Jaya memimpin perolehan angka 71-68 di detik-detik akhir babak overtime ini.
 
Sebenarnya, seperti dilansir iblindonesia.com, Satria Muda memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Setelah Avan Seputra mencetak satu poin dari free throw pertama, bola free throw kedua terpental dan jatuh ke tangan Yosua, penembak jitu Satria Muda. Namun sayang tembakan tiga angka dari pojok oleh Yosua tidak akurat dan para pemain Satria Muda harus melakukan foul terhadap pemain Pelita Jaya. Pelita Jaya akhirnya menutup laga yang ketat dan sangat seru ini dengan skor akhir 72-68.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
10-04-2016 10:45