Main Menu

DKI Jakarta Percepat Persiapan Asian Games 2018

Wanto
12-04-2016 08:38

Jakarta, GATRAnews - Perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang hanya menyisakan sekitar dua tahun lagi. Namun, persiapan DKI Jakarta sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut terkesan adem-ayem. Pemandangan ini sangat berbeda dengan di Palembang, Sumatera Selatan, yang sangat antusias menyambut Asian Games 2018. "Tidak benar DKI tidak mempersiapkan diri Asian Games 2018. Saat ini kami tengah merencanakan membangun velodrome dan equestrian di Pulomas. Kebetulan Keppres-nya juga sudah keluar," ujar Kadisorda DKI Firmansyah.

Menurutnya, belum tentu dengan banyaknya umbul-umbul Asian Games 2018, berarti sudah siap. Pihaknya terus mengalakkan event olahraga empat tahunan tersebut. Wilayah yang dipimpin Gubernur Basuki Tjahaja Purnama itu sebelumnya mendapatkan tugas untuk merenovasi GBK, pembangunan Wisma Atlet hingga pembangunan Velodrome, dan lintasan equestrian.

Namun, tugasnya dipotong karena terkendala waktu dan perizinan. Saat ini, DKI Jakarta tinggal bertugas membangun velodrome dan lintasan equestrian. Tugas ini, jelasnya, belum dijalankan sesuai dengan program. Bahkan, pihak DKI Jakarta belum terlihat akan membangun kedua fasilitas tersebut dalam waktu singkat.

Sementara itu, untuk pembangunan Wisma Atlet di kawasan Kemayoran dan kolam renang langsung akan direalisasikan setelah diambilalih Kementerian Pekerjaan Umum. "Untuk renovasi GBK (Gelora Bung Karno) dan Wisma Atlet, telah dilimpahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum. Jadi, tugas DKI sudah tidak banyak. Jadi DKI bias fokus mengerjakan Velodrome dan lintasan equestrian,"tambahnya.

Sementara, sebelumnya Gatot Dewa Broto, juru bicara Kemenpora menjelaskan bahwa pihaknya akan terus mengontrol progres persiapan yang dilakukan oleh DKI Jakarta. Bahkan, pihaknya belum memikirkan opsi lain jika pembangunan fasilitas itu belum segera dilaksanakan.

"Pak Ahok (panggilan Gubernur DKI) juga ikut menandatangani kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Makanya, saat ini kami menunggu realisasi programnya," kata Gatot.

Untuk Palembang, kata Gatot, sejauh ini persiapan berjalan dengan baik. Bahkan, Wisma Atlet sudah bertambah jumlahnya. Begitu pula dengan renovasi yang menggunakan dana APBN, semuanya juga sudah berjalan.



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay

Wanto
12-04-2016 08:38