Main Menu

Hamdan Sayuti : Butuh Proses untuk Saingi Atlet Kenya

Gandhi Achmad
02-09-2016 14:04

Hamdan Sayuti, juara pertama kategori nasional Maybank Bali Marathon 2016 (GATRA/Gandhi Achmad)

Bali, GATRAnews - Dominasi dan ketangguhan para atlet asal Kenya dalam lomba Maybank Bali Marathon (MBM) 2016 di Gianyar, Bali, Minggu (28/08/16) belum terbendung oleh atlet nasional. Tercatat ada 10 atlet Kenya yang berhasil naik podium untuk semua kategori baik putra dan putri.

 

Atlet nasional, Hamdan Sayuti pun mengakui hal tersebut kepada Gatra. Bahwa sulit untuk atlet Indonesia menyangi para pelari Kenya. Menurutnya, dari segi fisik saja sejak lahir mereka sudah memiliki postur yang atletis, dan otot yang bagus.

 

Karena itu, meski Hamdan juga berhasil menyabet juara pertama full marathon untuk kategori nasional di ajang MBM kali ini, tidak membuat dirinya jumawa. Namun, ia merasa kemampuanya masih di bawah atlet Kenya. “Untuk mengalahkan mereka itu sangat butuh proses lama,” ucapnya penuh senyum.

 

Hamdan pun mengatakan, perlu latihan khusus untuk bisa meningkatkan kemampuan atlet nasional, agar bisa bersaing dengan para atlet Afrika khususnya Kenya. “Kita mungkin harus latihan kesana, latihan bareng dengan dia atau dengan cara lainya,” katanya.

 

Apalagi, Hamdan menuturkan kalau pelari Kenya yang datang di MBM 2016 kemungkinan baru lapis keduanya. Karena itu ia mengakui, kalau untuk prestasi, mungkin atlet nasional masih kalah. “Semangat mereka untuk lari sangat luar biasa,” tuturnya.

 

Apalagi, pria asal Padang, Sumatera Barat ini mengetahui dari temanya, kalau para atlet Kenya kebanyakan menjadikan lari itu sebagai sumber satu-satunya kehidupan. “Kalau nggak lari mereka nggak makan. Karena saya liat, karena saya juga punya teman-teman dari kenya, rata-rata kehidupanya dari lari semua,” katanya.


Reporter: Gandhi Achmad

Editor: Dani Hamdani  

Gandhi Achmad
02-09-2016 14:04