Main Menu

Eko Yuli: PON 2016 Serasa Olimpiade

Edward Luhukay
03-09-2016 16:16

Jakarta, GATRAnews - Lifter Eko Yuli Irawan menyebut Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat, serasa pertandingan di Olimpiade 2016 Rio, karena atlet yang turun di cabang angkat besi hampir sama dengan yang turun di Brasil. "Memang benar. Serasa di Olimpiade," kata Eko Yuli di sela ramah tamah antara atlet, media, dan tim Chef de Mission, di Jakarta, Jum`at (2/9).

Kejuaraan empat tahunan di Tanah Pasundan ini memang menjadi pertarungan lifter terbaik di Indonesia, termasuk peraih medali perak Olimpiade 2016, yakni Eko Yuli Irawan. Atlet kelahiran Lampung ini pada PON 2016 memperkuat kontingen Jawa Timur.

Eko Yuli Irawan pada PON Jawa Barat akan turun di kelas andalannya, 62 kg. Di kelas ini, lifter terbaik Indonesia saat ini itu akan berhadapan dengan rekannya saat turun di Olimpiade 2016, yakni M. Hasbi yang memperkuat kontingen tuan rumah. Pihaknya menilai persaingan bakal ketat.

"Bakal ketat nanti. Tapi saya akan berusaha meraih yang terbaik. Ini tanggung jawab saya kepada daerah yang selama ini berperan dengan karier saya," kata lifter yang saat ini tinggal di Bekasi, Jawa Barat.

Lifter yang pada PON 2012 memperkuat Kalimantan Timur ini pada PON 2016 memiliki misi khusus, mencetak hat-trick emas pada pesta olahraga terbesar di Indonesia itu. Untuk pihaknya akan mempersiapkan diri dengan baik di sisa waktu yang ada.

"Latihan sudah saya mulai sejak Senin (29/8). Saya latihan sendiri. Untuk saat ini saya baru latihan power. Masih ada waktu untuk bersiap diri. Yang terpenting saya harus bisa merebut emas berapapun total angkatannya," kata Eko, sambil tersenyum.

Selain di kelas 62 kg, persaingan lifter olimpiade akan terjadi di kelas 69 kg. Ada tiga atlet yang bakal bersaing ketat, peraih perak Olimpiade 2012 Triyatno serta dua olimpian lainnya, Deni dan I Ketut Ariana. "Pasti ramai di kelas 69 kg. Bisa lebih dari Olimpiade Rio," ujar lifter yang hingga saat ini berharap bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil ini, sebagaimana dilaporkan Antara.

Selain lima lifter putra, pada PON 2016 juga akan diikuti oleh dua lifter putri yang sebelumnya turun di Olimpiade Rio 2016, peraih medali perak kelas 48 kg, Sri Wahyuni dan Dewi Safitri.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
03-09-2016 16:16