Main Menu

Penataan Kawasan GBK dan Wisma Atlet Kemayoran Selesai Oktober 2017

Wanto
14-01-2017 09:00

Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (ANTARA/Siswo Wardoyo)

Jakarta, GATRAnews - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proses penataan wilayah Gelora Bung Karno (GBK), wisma atlet di Kemayoran, dan Jakabaring, selesai pada Oktober 2017. Hal tersebut bersamaan dengan waktu target penyelesaian pembangunan dan rehabilitasi venue dan wisma atlet untuk Asian Games XVII 2018 yang jatuh tempo pada Oktober tahun ini. Untuk tahap konstruksi sendiri akan dimulai Maret 2017.



"Penataan kawasan di GBK dan Wisma Atlet Kemayoran akan memasuki tahap konstruksi paling lambat pada Maret 2017 dan ditargetkan selesai bersamaan dengan rehabiltasi sejumlah venue di GBK pada Oktober 2017," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo dalam keterangan tertulis yang diterima GATRAnews, Jum`at, (3/1).

"Saat ini sedang menunggu persetujuan master plan penataan kawasan GBK sehingga setelah persetujuan bisa langsung dilelang untuk masuk tahap konstruksi, mudah-mudahan Maret sudah mulai dan target untuk penataan kawasan selesai dalam sekitar tujuh bulan ke depan,” sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Penataan kawasan GBK dilakukan untuk menciptakan kualitas ruang luar bangunan venue yang lebih baik namun dapat menyatu dengan bangunannya.

Perbaikan juga dilakukan terhadap sarana dan prasarana luar bangunan seperti gerbang, loket, pedestrian, parkir, pagar, tempat duduk, toilet. Kemudian penanda kawasan, food court, playground, outdoor gym, dan tempat sampah.

Berdasarkan laporan Satuan Tugas Infrastruktur Asian Games 2018 per 6 Januari 2017, pembangunan/rehabilitasi venue GBK rata-rata sebesar 18,32% dari rencana 21,2% untuk seluruh paket pekerjaan rehabilitasi venue yang terbagi mulai dari AG 1 sampai dengan AG 6.

"Sedangkan untuk paket pekerjaan AG 7 telah terkontrak pada 7 Desember 2016 lalu dan saat ini dalam tahap persiapan konstruksi," ucapnya, singkat.

Pekerjaan pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi venue GBK terbagi tujuh paket yaitu AG 1 (Stadion Utama), AG 2 (Training Facility), AG 3 (Stadion Renang), AG 4 (Lapangan Hoki, Panahan, dan Sepak Bola A/B/C), AG 5 (Istora), AG 6 (Stadion Tenis Indoor dan Center Court) dan AG 7 (Stadion Madya, Stadion Sofbol, Baseball, dan Gedung Basket).



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay

Wanto
14-01-2017 09:00