Main Menu

Aziz Syamsuddin Yakin Kontingen Indonesia Raih Target SEA Games 2017

Wanto
13-06-2017 23:13

Jakarta, GATRAnews - Penunjukan Aziz Syamsuddin sebagai Chief de Mission (CDM) Kontingen SEA Games Indonesia dinilai cukup tepat. Pasalnya, Ketua Badan Anggaran DPR RI ini dianggap mampu menjaga citra kontingen Indonesia pada saat tampil di SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia, 9-31 Agustus 2017 mendatang.


“Saya ikhlas menjalankan tugas sebagai CDM. Dan, saya akan memberikan yang terbaik untuk kejayaan kontingen Indonesia di SEA Games Malaysia 2017," kata CDM Kontingen Indonesia, Aziz Syamsuddin dalam acara buka puasa bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Satuan Pelaksana Program Indonesia  Emas (Satlak Prima) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Ahad (11/6).

Sekretaris CDM, Arsyad Ahmadin memastikan Aziz Syamsudin akan menjalankan komitmennya dengan menempatkan atlet, pelatih dan ofisial di posisi terhormat. Sebagai contoh. Arsyad menyebut seluruh anggota kontingen akan menggunakan jas dan dilengkapi peralatan yang berkualitas.

"Dulu di era Wismoyo Arismunandar sebagai Ketua KONI Pusat seluruh atlet dan ofisial yang memperkuat kontingen Indonesia menggunakan jas dengan dilengkapi peralatan yang berkualitas. Makanya, kita ingin mengembalikan citra itu kembali. Pokoknya, para atlet akan dibuat senyaman mungkin sehingga mereka bisa tampil lebih percaya diri dan diharapkan mampu meraih hasil maksimal sesuai harapan," katanya.

Apa yang dilontarkan Arsyad diaminkan Azis Syamsuddin. Bahkan, Aziz yang juga Ketua Umum PP PCI menyebut dirinya wajib menjaga citra atlet Indonesia di mata peserta SEA Games 2017. Sebab, penampilan atlet itu merupakan gambaran Indonesia seutuhnya.

"Ya, saya akan memperlakukan seluruh atlet dengan istimewa. Perlu dicatat bahwa tanpa perjuangan mereka tidak mungkin Merah Putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang. Jadi, mereka layak mendapatkan tempat terhormat," tambahnya.

Pada SEA Games Singapura 2015,  Indonesia berada di peringkat kelima dengan perolehan 47 emas, 61 perak, dan 74 perunggu. Dan, di SEA Games Malaysia 2017, Kontingen Merah Putih diharapkan mampu meningkatkan peringkat dan perolehan medali emas.

"Perjuangan Indonesia memenuhi target tersebut memang berat apalagi beberapa cabang olahraga unggulan tidak dipertandingkan dan kita kehilangan 27 medali emas. Tetapi, saya yakin seluruh atlet akan berjuang maksimal untuk mewujudkannya," kata Azis yang mengaku melihat semangat atlet cukup membara saat kunjungan ke pelatnas karate dan boling baru-baru ini.


Dalam acara itu hadir Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto, Wakil Ketua Umum KOI Muddai Madang, Wakil Ketua Umum PB PABBSI, Djoko Pramono, dan peraih perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Eko Yuli Irawan yang mewakili atlet.

Menurut Achmad Seotjipto, Indonesia membutuhkan 15% dari 405 medali emas dari 38 cabang olahraga yang dipertandingkan untuk bisa menaikkan peringkat di SEA Games Malaysia 2017.

"Dari 405 emas yang diperebutkan dapat 15% saja sudah luar biasa. Hasil itu bisa menaikkan peringkat Indonesia," katanya.

Dalam waktu dekat, Aziz juga akan melakukan kunjungan ke beberapa cabang olahraga di antaranya wushu.


Reporter: Wanto
Editor: Arief Prasetyo

Wanto
13-06-2017 23:13