Main Menu

Dipuji Presiden Jokowi, Berikut Kelebihan Stadion Utama Gelora Bung Karno 

Ervan
15-01-2018 03:00

Presiden Jokowi Resmikan Renovasi Stadion Utama GBK (GATRA/Ervan Bayu/yus4) 

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo, sore tadi (14/1) meresmikan hasil renovasi besar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di kawasan Senayan, Jakarta. 

 

Didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan sejumlah menteri kabinet Kerja seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Presiden menandatangani prasasti  peresmian SUGBK.

Presiden memuji ‘wajah baru’ SUGBK.  “Saya kira (SUGBK) sudah sangat bagus. Tadi juga pelatih Islandia sudah menyampaikan, stadion GBK sangat besar dan sangat bagus,” ucap Presiden kepada wartawan. Seusai diresmikan, presiden langsung menyaksikan pertandingan persahabatan antara kesebelasan nasional Indonesia melawan Islandia, yang berakhir dengan skor 1-4 untuk Islandia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya beberapa waktu lalu mengatakan  bahwa renovasi SUGBK telah selesai 100 persen dan siap untuk digunakan pada perhelatan Asian Games, Agustus mendatang.

Tak hanya bangunannya, renovasi juga dilakukan terhadap tata cahaya, tata suara, kualitas kursi, hingga kualitas lapangan yang sesuai dengan standar FIFA. Saat ini, pencahayaan di SUGBK pun lebih hemat karena menggunakan LED lighting system yang berkekuatan 3.500 lux dengan kualitas cahaya tiga kali lebih terang dari sebelumnya.

Sistem pencahayaan tersebut juga terintegrasi dengan sistem tata suara yang memiliki kekuatan hingga 80 ribu watt PMPO. “Tata suara SUGBK lebih baik dari sebelumnya sehingga pada upacara pembukaan Asian Games nanti terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis,” ucap Basuki. 

Sementara, kualitas kursi juga ditingkatkan menjadi jenis satu kursi (single seat), dan lipat (flip up), serta telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Bahkan setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga dapat menahan aksi vandalisme. Dari segi lapangan, kualitas SUGBK semakin meningkat. Di antaranya menggunakan rumput terbaik jenis zoysia matrella yang dilengkapi alat penyiram rumput otomatis dan sistem drainase anti banjir (zero run-off).

“Kualitas rumput Stadion GBK juga telah mendapatkan sertifikasi internasional. Kalau rumput imitasi digunakan di Lapangan ABC untuk latihan atau pemanasan, itupun kualitas rumput imitasi terbaik,” kata Basuki.  Seperti diketahui, renovasi SUGBK dilakukan sejak bulan Agustus 2016 oleh kontraktor PT. Adhi Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp769,7 miliar.



 

Reporter: Ervan Bayu

Editor: Hendri Firzani

 

 

Ervan
15-01-2018 03:00