Main Menu

Harden Cetak 60 Point Triple-Double dalam Sejarah NBA

Arif Prasetyo
31-01-2018 17:53

James Harden. (AFP/BERTRAND GUAY/AK9)

Artikel Terkait

Houston, Gatra.com - James Harden mencetak 60 poin sambil mengukir "triple-double," tampil signifikan untuk membawa Houston Rockets menang 114-107 atas tamunya Orlando Magic pada Selasa (30/1) waktu setempat.


Harden memasukkan 19 dari 30 tembakan, dan 17 keberhasilan dari 18 percobaan lemparan tiga poin, serta menambahi sepuluh rebound dan 11 assist. Dengan Houston kehilangan tiga pemain rotasi, Harden tampil selama 46 menit. Catatan 60 poinnya pada "triple-double" merupakan yang pertama kali terjadi dalam sejarah NBA.

Seperti dilansir laman Associated Press, Rabu (31/1), saat skor terkunci pada skor 107-107, Harden melakukan "step back jumper" dengan waktu kurang dari dua menit sebelum melesakkan lemparan tiga poin melalui pelanggaran Mario Hezonja dengan 45,4 detik waktu tersisa. Harden melengkapi "four play point"nya untuk melampaui Calvin Murphy (57 poin) dalam sejarah klub.

Orlando memiliki enam pemain yang mengemas dua dijit, dipimpin oleh Jezonja dan Marreese Speights dengan masing-masing menyumbang 17 poin.

"Saya hanya memberikan semua yang saya punya malam ini. Kita semua melakukannya. Kami semua berjuang selama 48 menit, kami mendapat pemberhentian kunci saat kami membutuhkannya dan kami melakukan tembakan besar," kata Harden.

Harden mencetak 18 poin di kuarter keempat untuk menggeser 57 poin yang dicetak Calvin Murphy pada 1978 untuk memecahkan rekor mencetak satu pertandingan tunggal Houston. Setelah Harden memecahkan rekor, kamera TV di arena menyorot Murphy, tersenyum dan bertepuk tangan untuk Beard, yang juga memiliki 10 rebound dan 11 assist.

Rockets memulai permainan tanpa Chris Paul, yang cedera pangkal paha, dan Trevor Ariza, yang menghadapi hamstring tampak tegang dalam bermain. Mereka kehilangan pemain lain saat Eric Gordon, mencetak 19,5 poin, tertinggal pada awal kuarter kedua.


Harden yang bermain selama 46 menit dan 26 detik merupakan rekor tertinggi dalam permainan peraturan, apalagi Houston kehilangan begitu banyak pemain.


Ini merupakan pertandingan keempatnya dan ke-50 pada musim ini di penampilan Selasa hari ini mengalahkan karier sebelumnya – setinggi 56 poin yang ditetapkan pada November melawan Utah.

Orlando memimpin dengan dua poin sekitar 9 1/2 menit tersisa sebelum Rockets menggunakan 10-4 untuk membuatnya menjadi 101-97 dengan waktu sekitar tujuh menit lagi. Harden membuat dua 3-pointer dalam peregangan itu, dan memukau penonton.


Houston tidak memimpin dalam waktu lama, karena Speights mengotori saat membuat penunjuk angka 3 dan menambahkan lemparan bebas untuk mengikatnya beberapa detik kemudian.

Magic memiliki keunggulan 2 poin dengan waktu sekitar 5 1/2 menit lagi sebelum Houston menggunakan  6-2, dengan semua poinnya dari Harden, untuk memimpin 107-105 dengan waktu tersisa sekitar empat menit.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
31-01-2018 17:53