Main Menu

300 Bus Transjakarta Dilengkapi Fitur Anti Kebakaran

Abdul Rozak
14-02-2018 14:08

Bus low entry Transjakarta (GATRA/Abdul Rozak/yus4)

Semarang, Gatra.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membeli 300 unit bus low entry bermesin Mercedes-Benz dan Scania. Bus untuk perhelatan akbar Asian Games 2018 ini dirakit perusahaan koreseri nasional berlisensi Eropa. Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono menuturkan 300 bus ini dilengkapi denga fitur berupa tombol untuk antisipasi percikan api. Tombol ini berada di depan sisi kiri supir. 

"Begitu ada percikan api cukup dengan teken tombol ini dan aliran listrik di bus mati. Ini tombol shortcut mencegah bus terbakar," kata Budi di perusahaan karoseri Gemilang Nusantara, Jalan Raya Demak - Kudus, Jawa Tengah, Selasa (13/2). 

Tombol ini berwarna merah ini tidak ditemukan bus Transjakarta yang pabrikan Tiongkok. Di bus pabrikan Tiongkok tombol tersebut berwarna hitam dan digabungkan dengan tombol lain. Selain itu, bus low entry dilindungi kurang lebih 10 lapisan sterofoam anti kebakaran di bagian atas. Lapisan ini memiliki ketebalan 40 milimeter tahan terhadap panas. "Lapisan ini 15 tahun kuat. Ini penahan panas aja biar panas berkurang dari atap, Kalau lantai enggak pake sterofoam. Tetapi di bagian dalam tetap dingin," tutup Budi.

Perakitan bus low entry Transjakarta untuk Asian Games 2018 ini dikerjakan Nusantara Gemilang sebanyak 101 unit. Bus bermesin Mercedes-Benz ini menggunakan kerangka almunium yang pertama serta satu-satunya di Indonesia.  Sementara itu, 199 unit lainya dikerjakan karoseri Laksana, Semarang, Jawa Tengah. Bus bermesin Mercedes-Benz (49 unit) dan Scania (150 unit) menggunakan kerangka baja. 


Reporter: Abdul Rozak

Editor: Nur Hidayat

Abdul Rozak
14-02-2018 14:08