Main Menu

Eko Yuli bakal Absen di Asian Games 2018

Wanto
22-02-2018 06:07

Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan (tengah) menunjukkan medali yang ia dapat pada nomor putra 62 kg 18th Asian Games Invitation Tournament di JiExpo, Jakarta. (ANTARA/Fanny Octavianus/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Lifter andalan Indonesia Eko Yuli Irawan terancam tidak bisa tampil di Asian Games menyusul dicoretnya kelas 62 kilogram dari nomor yang dipertandingkan di Asian Games 2018.

Pencoretan kelas 62 kilogram itu tertuang dalam Surat Edaran yang dikeluarkan Asian Weightlifting Federation (AWF) tertanggal 11 Februari 2018 yang ditanda tangani Presiden AWF Mohamed Yousef Almana.

"Kami ingin menyampaikan berdasarkan technical comitte AWF, seluruh anggota telah sepakat untuk mencoret kelas 62 kilogram dari Asian Games 2018, " demikian bunyi surat edaran tersebut.

Wakil Ketua Umum PB Persatuan angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) Joko Pramono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/2) ,mengaku sangat terkejut dengan keputusan AWF yang telah mencoret kelas 62 kilogram yang merupakan kelas lifter andalan indonesia Eko Yuli Irawan.

Pencoretan ini akan berdampak terhadap target medali indonesia di Asian Games mengingat Eko Yuli merupakan lifter yang diharapkan memberikan konstribusi medali emas.

"Memang ada pengurangan kalau di olimpiade Rio de Janeiro Brazil ada delapan kelas maka di olimpiade Tokyo nanti menjadi tujuh kelas," kata Joko.

Menurut Joko pengurangan kelas mengacu pada olimpiade Tokyo 2020 dimana cabang angkat besi hanya mempertandingkan tujuh kelas. Pengurangan itu disebabkan adanya skandal di doping yang terjadi pada Olimpiade Rio de Janeiro Brazil 2016.

"Kalau memang harus ada pengurangan mestinya dikelas kelas berat karena yang terlibat skandal doping itu dii kelas berat, justru di kelas 62 kilogram tidak ada skandal doping ," kata Joko.

Joko  mengemukakan , PB PABBSI sudah melayangkan surat meminta Ketua INASGOC Erick Thohir yang juga Ketua Umum KOI agar Dewan Olimpiade Asia mempertimbangkan kembali pencoretan kelas 62 kilogram.

"Kami dari PB PABBSI berhatap agar Panitia penyelenggara Asian Games bisa melobi OCA agar kelas 62 kilogram tetap dipertandingkan di Asian Games 2018 nanti ," tulis Joko.

Reporter: Wanto
Editor: Sujud Dwi Pratisto

Wanto
22-02-2018 06:07