Main Menu

Menpora: Daftar Target Emas Asian Games Keluar Juni

Mukhlison Sri Widodo
13-03-2018 08:39

Menpora Imam Nahrawi mengunjungi pusat pelatihan nasional panjat tebing di Stadion Mandala Krida Kota Yogyakarta.(GATRA/Arif Koes/re1)

Yogyakarta, Gatra.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) memastikan target perolehan medali semua cabang olahraga Asian Games pada Juni nanti. 

Presiden menargetkan Indonesia masuk 10 besar.

Hal ini disampaikan Menpora Imam Nahrawi usai mengunjungi pusat pelatihan nasional panjat tebing di Stadion Mandala Krida Kota Yogyakarta, Senin (12/3).

“Bulan Juni Kementerian akan menghitung target perolehan medali setiap cabang olahraga. Pemetaan didasarkan pada latihan, training camp, dan hasil ujicoba yang dilaporkan,” katanya kepada wartawan.

Untuk memenuhi target masuk peringkat 10 besar sesuai keinginan Presiden, Menpora mengatakan telah memberikan dukungan besar. 

Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan atlet pelatnas sejak awal latihan sehingga tak muncul banyak masalah seperti pengalaman sebelumnya.

Kemenpora juga menjanjikan pemberian bonus bagi atlet yang berprestasi, yakni uang tunai dan janji untuk diangkat sebagai PNS jika memenuhi kualifikasi tertentu.

“Semua harus optimistis dalam merealisasikan target yang ditetapkan Presiden. Bagi Indonesia, Asian Games tahun ini merupakan pengalaman berharga dan menjadi pelajaran,” lanjutnya.

Menurut Imam, selain dukungan penonton yang bisa lebih banyak, kesempatan melihat dan mencoba venue pertandingan lebih awal menjadi keuntungan sebagai tuan rumah yang harus dimanfaatkan.

Dalam kunjungannya ke pelatnas panjat tebing, Menpora berbincang dan memberikan motivasi ke atlet.  Kurang lebih dua puluh menit, Menpora beserta rombongan melihat para atlet bertanding di nomor wall speed.

“Saya kagum, para atlet hanya membutuhkan waktu lima detik mencapai puncak. Saya ingin mencobanya,” ujarnya.

Meski mengaku belum pernah mencoba olahraga panjat tebing, Menpora berhasil menyelesaikan sepertiga dinding. Menurut dia, panjat tebing olahraga yang tak mudah, sehingga membutuhkan latihan khusus, konsentrasi, dan fokus, juga kompetisi terus menerus.

“Sampai saat ini perhitungan awal, cabang panjat tebing menyumbang dua medali emas. Tapi melihat hasil latihan hari ini, kami berharap tiga emas bisa disabet,” katanya.

Menpora menilai pelatnas panjat tebing yang digelar sejak April 2017 berjalan baik sehingga Imam optimistis cabang ini memberikan hasil terbaik.


Reporter : Arif Koes

Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
13-03-2018 08:39