Main Menu

Wapres Sebut Fasilitas Asian Games Dapat Digunakan Asian Para Games

Anthony Djafar
13-04-2018 22:28

Wapres menerima Presiden APC, Majeed Rasheed yang hadir bersama Raja Sapta Oktohari, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC) 2018.(Dok. Setwapres/re1)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyambut baik penyelenggaraan Asian Para Games yang akan diadakan satu bulan setelah Asian Games.


“Ini sangat efisien, sehingga tidak perlu banyak investasi lagi dalam hal fasilitas. Semoga ini menjadi kesuksesan.” kata Wapres saat menerima Presiden APC, Majeed Rasheed yang hadir bersama Raja Sapta Oktohari, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC) 2018 di Istana Wakil Presiden Merdeka Selatan, Jumat (13/4).

Wapres juga mengapresiasi dukungan Asian Paralympic Committee (APC) dan harapkan kesuksesan penyelenggaraan Asian Para Games.

“Diharapkan semua fasilitas, termasuk IT yang mendukung penyelenggaraan Asian Games dapat digunakan juga pada penyelenggaran Asian Para Games,” katanya.

Wapres mengintruksikan untuk segera dilakukan rapat bersama terkait proses transfer semua fasilitas dari INASGOC kepada INAPGOC.

“Segera selenggarakan rapat bersama INASGOC dengan INAPGOC," katanya.

Sementara itu, dalam laporannya, Raja Sapta Oktohari, menyampaikan bahwa INAPGOC baru saja melaksanakan seminar untuk mengevaluasi persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Seminar tersebut membahas persiapan terutama dalam tiga hal pokok yaitu sport, athlete village dan transportasi.

“Sejauh ini semua progress, Alhamdullillah bagus, terutama di athlete village," kata pria yang akrab disapa Okto ini.

Adapun Presiden APC, Majeed Rasheed menyampaikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan Indonesia.

Menurutnya Asia Para Games 2018 ini akan menjadi perhelatan yang sukses.

“Telah banyak perkembangan dalam penyiapan athlete village. 1000 unit yang disiapkan ramah terhadap disabilitas, ini adalah yang pertama kalinya terbanyak di dunia dan ini sangat membanggakan," katanya.

Majeed menambahkan, upaya yang dilakukan Indonesia ini merupakan pesan yang sangat kuat, yang disampaikan kepada dunia.

“Ini menyuarakan pesan bahwa semua manusia adalah setara, karena semua infrastruktur dapat diakses dan ramah terhadap penyandang disabilitas.

"Ini adalah value yang dimiliki oleh Indonesia. Indonesia dapat menjadi model bagi dunia," kata Majeed.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Sesmenpora Gatot Dewa Broto, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Bambang Widianto dan Deputi Bidang Administrasi, Guntur Iman Nefianto.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
13-04-2018 22:28