Main Menu

20.741 Pemuda Lolos Seleksi Tahap Pertama untuk Volunteer Asian Games 2018

Gandhi Achmad
29-04-2018 18:31

Sekjen Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Eris Herryanto.(Dok. INASGOC/re1)

Jakarta, Gatra.com - Sebanyak 20.741 pemuda dinyatakan lolos seleksi tahap pertama, yakni administrasi  dan screening untuk menjadi calon volunteer atau sukarelawan dalam perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus mendatang. Mereka terpilih dari sekitar 36 ribuan yang mendaftar untuk menjadi bagian dari sejarah di olahraga Indonesia.

 

Dari jumlah 20.741 nama tersebut,  sebanyak 17.000 calon lolos dari seleksi yang dilakukan di Jakarta. Sedangkan 3.741 calon dari Palembang. “Antusiasme yang ditunjukkan generasi muda kita sangat luar biasa. Saya menghargai hal itu. Mereka ingin sekali mendapat pengalaman yang terjadi sekali seumur hidup ini,” kata Sekjen Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Eris Herryanto dalam rilis yang diterima Gatra.com, Minggu (29/4).

 

Selanjutnya, Departemen Human Resources and Volunteer (HR&V) INASGOC, yang bertanggung jawab terhadap penyediaan tenaga sukarelawan ini akan melakukan pemanggilan via email blast dan SMS blast melalui vendor penyelenggaran assestment psikotest (PPM).

 

Untuk seleksi tahap kedua, akan dilakukan pada bulan Mei, yakni berupa psikotest dan interview untuk menjaring  8.000 volunteer terpilih. Dalam seleksi tahap kedua ini, para volunteer alumni Invitation Tournament, Februari lalu, yang terpanggil kembali tidak perlu mengikuti psikotest.

 

Nantinya, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 akan memberikan pelatihan bagi mereka yang lolos seleksi akhir, agar mampu melayani duta-duta olahraga yang datang. Untuk kebutuhan, volunter akan dibagi dalam tiga kategori, Protocol Assistant, NOC Assistant, dan Liaison Officer.

 

Penempatan volunter akan dialokasikan ke 23 departemen atau functional areas, seperti Venue, Medical & Clinics, Ceremonies, Ticketing, Catering, Transportation, dan lain-lain. “Mereka akan menjadi tulang punggung panitia selama Asian Games berlangsung. Tanpa kehadiran mereka, pelaksanaan Asian Games dipastikan akan menemukan banyak kendala,” ucap Eris.

 

Eris pun mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh sukarelawan baik yang terpilih maupun yang tidak atas waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk Indonesia.


 

Editor : Gandhi Achmad 

 

Gandhi Achmad
29-04-2018 18:31