Main Menu

Pelatih Taekwondo Ini Dituding Melakukan Pelecehan Seksual

Hendri Firzani
10-05-2018 06:19

Mantan Pelatih Taekwondo Amerika Serikat, Jean Lopez. (REUTERS/Susana Vera/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com - Kurang dari empat bulan setelah dokter tim nasional senam Amerika Serikat  Larry Nassar dijatuhi hukuman hingga 175 tahun penjara setelah terbukti selama beberapa dekade melakukan pelecehan seksual terhadap lebih dari seratus pesenam Amerika Serikat, Komite Olimpiade AS (USOC) kembali dituduh mengabaikan laporan adanya serangan seksual terhadap atlet demi prestasi olahraga. 

 

Empat atlet taekwondo wanita dikabarkan telah mengajukan gugatan terhadap  peraih medali emas taekwondo Olimpiade Steven Lopez dan saudaranya, mantan pelatih tim Amerika Serikat  Jean Lopez tentang penyerangan, perkosaan, dan pelanggaran seksual lainnya. Sebagaimana dikutip dari Nydailynews, Keempat wanita itu dilatih  keduanya.

Tuntutan class action juga diajukan dan menuduh USOC serta federasi taekwondo Amerika Serikat  mengetahui tindakan yang diduga dilakukan oleh Lopez bersaudara. Tetapi membiarkan mereka melakukan pelecehan seksual, dan tetap mengirim mereka untuk ikut kompetisi dan latihan.

Berbicara kepada CNN, pengacara Rex Sharp membandingkan USOC sebagai "seorang germo." Sharp adalah satu dari tiga pengacara yang mewakili keempat atlet wanita yang disebutkan dalam gugatan.

"(Mereka) seperti seorang germo yang memperdagangkan wanita demi uang, USOC telah memperdagangkan para atlitnya mengalami pelecehan seksual  demi uang dan medali, "kata Sharp kepada CNN.

Sebelumnya, Juni 2017 lalu, harian USA Today melaporkan bahwa dua wanita juga menuduh Steven Lopez melakukan serangan seksual. Namun, Lopez membantah tuduhan itu.


 

Editor: Herndri Firzani 

Hendri Firzani
10-05-2018 06:19