Main Menu

Himbara World Junior Golf Championship, Ajang PGI Seleksi Atlet Junior Indonesia

Wanto
08-06-2018 08:34

Himbara World Junior Golf Championship 2018. (Dok. Golfrsa/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Damai Indah Golf kembali menggelar “Himbara World Junior Golf Championship presented by Ciputra Group” di Damai Indah Golf-PIKCourse, Jakarta, 5‐8 Juni 2018. Event berkelas internasional ini merupakan agenda tahunan Persatuan Golf Indonesia (PGI) selaku badan golf amatir nasional yang memasuki penyelenggaraan ke-24.

Himbara World Junior Golf Championship 2018 presented by Ciputra Group digelar untuk meningkatkan prestasi para peserta, khususnya para junior dalam negeri.

“Turnamen ini membawa misi utama, yaitu memberikan kesempatan kepada para pegolf junior Indonesia bertanding dalam tingkat kompetisi yang lebih tinggi dan ketat. Ini dimaksudkan agar mereka terbiasa bermain dalam atmosfer kompetisi level yang lebih ketat. Nantinya, ini akan melahirkan bibit-bibit pegolf Indonesia yang siap bertanding di dunia internasional serta memupuk prestasi,” kata Sutopo Kristanto, Ketua Panitia Pelaksana turnamen, Jumat (8/6).

Bagi PB PGI, Himbara World Junior Golf Championship 2018 menjadi salah satu barometer PB dalam menjaring calon atlet potensial yang akan diproyeksikan masuk timnas nantinya.

“Dari segi pembinaan, event ini sangat penting untuk menaikkan prestasi para junior kita, yang kami persiapkan untuk kerangka timnas junior. Himbara World Junior Golf Championship 2018 presented by Ciputra Group sudah terdaftar dalam World  Amateur Golf Ranking (WAGR) sejak tahun 2008. Artinya, pemenang Himbara World Junior Golf Championship 2018 presented by Ciputra Group, akan meraih poin untuk meningkatkan peringakat mereka di daftar pegolf amatir dunia,” kata S. Christine Wiradinata, Sekretaris Jenderal PB PGI.

Hingga saat ini, sebanyak 141 pegolf dari 20 negara berpartisipasi dalam Himbara World Junior Golf Championship 2018 termasuk satu negara peserta baru yaitu United Arab Emirates.

Negara-negara yang mengikuti Himbara World Junior Golf Championship 2018 presented by Ciputra adalah Australia, RRC (Republic Rakyat China), Chinese Taipei, Indonesia, India, Ireland, Japan, Republic of Korea, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Philippines, Singapore, South Africa, Sweden, Thailand, United Arab Emirates, United Kingdom, United States, dan Vietnam.

Sebagai tuan rumah, Indonesia akan mengirimkan 39 pegolf terbaiknya. Beberapa pegolf andalan Indonesia, yaitu Gabriel Hansel Hari, Kentaro Nanayama, Dominikus Glen, dan Jose Suryadinata, diharapkan bisa menjuarai Nomor Individu untuk divisi Putra di Himbara World Junior Golf Championship 2018 , sedangkan Patricia Sinolungan, Viera Permata Rosada, dan Aurelia Grace Nicole di Divisi Putri.

Indonesia pernah menjuarai event yang menjadi turnamen internasional ini sejak 2007 tersebut di Nomor Individu selama tiga tahun berturut-turut, melalui Joshua Andrew Wirawan pada 2012, Jordan Surya Irawan 2011, dan Jovi Ocvandio Panggabean pada 2010.

Himbara World Junior Golf Championship 2018 presented mempertandingkan empat kategori Boy and Girl, yaitu kategori A, B, C, dan D serta memperebutkan piala Gubernur DKI Jakarta untuk team. Kelas A dan B Putra akan bertanding selama empat hari (72 hole).

Sedangkan, Kelas C dan D Putra serta Kelas A, B, C, dan D Putri bermain selama tiga hari (54 hole).Untuk kejuaraan individu, pemain terbaik putra dan putri mendapatkan piala Ciputra. Pertandingan internasional ini menggunakan format stroke play. 

Damai Indah Golf merupakan lapangan golf di Indonesia yang paling sering dipercaya menjadi tuan rumah turnamen golf tingkat internasional sampai saat ini. Tim management dan seluruh fasilitas lapangan golf dengan standar internasional telah siap menyambut para tamu dari mancanegara.

“Persiapan PIK Course tidak terlalu banyak. Karena pada dasarnya lapangan kami telah memiliki standar pelayanan dan kualitas lapangan bertarafinternasional,” jelas S. Christine Wiradinata yang juga merupakan Direktur Damai Indah Golf.

Di samping menjadi kompetisi internasional, Himbara World Junior Golf Championship 2018 dimanfaatkan pula sebagai ajang promosi Indonesia kepada para pegolf dan ofisial mancanegara. Untuk memperkenalkan budaya Jakarta dan Indonesia pada umumnya, acara pembukaan dan penutupan turnamen akan menampilkan kesenian khas Indonesia, seperti tari‐tarian dari daerah Nusantara serta Pameran Interaktif Kerajinan Jakarta yang didukung oleh Dekranasda DKI Jakarta pada tanggal 7-8 Juni 2018.  


Reporter : Wanto
Editor: Iwan Sutiawan

Wanto
08-06-2018 08:34