Main Menu

Fukushima Jadi Rute Awal Estafet Obor Olimpiade Tokyo

Sujud Dwi Pratisto
14-07-2018 18:31

Ilustrasi Olimpiade Tokyo 2020 (Shutterstock/yus4)

Tokyo, Gatra.com - Komite Olimpiade Tokyo 2020 menetapkan rute estafet obor olimpiade dimulai dari provinsi Fukushima, Jepang. Selanjutnya, obor akan di arak keliling Jepang selama 121 hari dengan tujuan terakhir, Tokyo.  Waktu pelaksanaan berlangsung 26 Maret hingga 10 Juli 2020.

 

Komite Olimpiade Tokyo akan menetapkan rute akhir estafet obor paling lambat sebelum musim panas 2019, setelah mendapat persetujuan dari Komite Olimpiade Internasional. 

Dipilihnya Fukushima karena pada 2011 silam, wilayah tersebut hancur luluh akibat diterjang gempa hebat dan tsunami. Bencana alam ini menewaskan lebih dari 16 ribu jiwa.

Selain itu di tahun yang sama di Fukushima terjadi kecelakaan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.  Namun saat ini, Fukushima telah pulih. Pembangunan berlangsung pesat. “Dengan Fukushima sebagai titik awal obor olimpiade menjadi simbol ajang pembuktian kami telah pulih,” kata Menteri Rekonstruksi Masayoshi Yoshino seperti dikutip Inside The Games, Sabtu (14/7).

Sebelumnya, Kamis pekan lalu, Komite Olimpiade Tokyo dan pejabat tinggi pemerintah Jepang menggelar pertemuan membahas kesiapan  Olimpiade Tokyo, khususnya rute yang akan dialalui estafet obor Olimpiade.  Dalam pertemuan itu muncul dua opsi.

Pertama rute dimulai dari Fukushima, kedua rute dimulai dari Okinawa yang merupakan rute yang pernah dilakukan saat pelaksaanaan olimpiade 1964 silam. Setelah dilakukan pembahasan, opsi Fukushima yang dipilih.


Editor : Sujud Dwi Pratisto

Sujud Dwi Pratisto
14-07-2018 18:31