Main Menu

Cerita Pengurus PB PASI Biayai Keperluan Atlet Seperti Zohri

Ervan
17-07-2018 13:31

Sekretaris Umum PB PASI, Tigor M. Tanjung. (Dok. GATRA/FT02)

Jakarta, Gatra.com- Pelari muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, berhasil menjadi juara di Kejuaraan dunia Atletik U20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. Berbagai pujian pun datang dari seluruh tanah air. 

 

Dibalik kesuksesan pelari asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu ada para Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan pemerintah yang berjasa mengantarkan Zohri menjadi juara dunia lari 100 meter putra U20.

Sebagai pembina para atlet cabang olahraga atletik, PB PASI menyiapkan segala keperluan atletnya mulai dari gajo pelatih dan ofisial hingga makanan dan nutrisi untuk atlet.

"Karena sebagai pembina kita menyiapkan segala sesuatunya. Kita yang bayar penginapan, makanan, dokter, psikolog, masseur kita yang bayar termasuk pelatih dan asisten pelatih," ujar Sekretaris Umum PB PASI, Tigor M. Tanjung, Selasa (17/7).

Ia tak menampik jika pemerintah melalui kemenpora menganggarkan dana untuk cabang olahraga, namun anggaran tersebut untuk per proyek seperti Pelatnas.

"Misalnya sekarang untuk Pelatnas Asian Games, nanti tahun depan untuk Pelatnas Sea Games," lanjutnya.

Ia pun mengakui jika dana tersebut tak cukup untuk membiayai seluruh atlet. Sehingga Ketua Umum PB PASI, Muhammad Hasan harus mengucurkan kocek pribadinya.

"Kalau pemerintah itu tadi saya bilang kan pendekatannya pakai proyek, sudah itu kan pemerintah dananya kan enggak cukup. Jadi misalnya unyuk Asian Games, mereka memang benar membiayai kita pelatnas tapi mereka hanya mampu mendanai misalnya 16 atlet sementata di pelatnas kita kan ada 100 atlet," lanjutnya.

PB PASI pun telah menambal kekurangan dana Pelatnas Asian Games dari dana pribadi sang Ketua Umum. Semua atlet pun mendapat pelatihan dan perlakuan yang sama entah atlet itu akan juara nantinya atau tidak.

"Jadi per Perlatnas kita membiayai semua dari A sampai Z, apakah itu atlet remaja atau senior. Apa atlet itu akan juara atau gagal itu semua dibiayai oleh pak Hasan," ucapnya.

 


Reporter: Ervan Bayu

Editor : Birny Birdieni

 

 

Ervan
17-07-2018 13:31