Main Menu

Raih Medali Emas, Ahmad Ambali Bukukan Rekornas Remaja Dan Yunior Sekaligus

Andhika Dinata
21-07-2018 13:59

Ahmad Ambali Sukur meraih emas lompat jauh ASEAN School Games 2018.(ANTARA/Bayu Kuncahyo/re1)

Jakarta, Gatra.com - Torehan prestasi gemilang kembali dicapai oleh kontingen atletik Indonesia. Dalam ajang ASEAN School Games (ASG) 2018, atlet Ahmad Ambali Sukur berhasil merebut medali emas pertama Indonesia di Malaysia, Sabtu (21/7). Atlet asal Bangka Belitung itu berhasil membukukan kemenangan pada cabang lompat jauh dengan rekor lompatan terbaik yaitu 7,65 meter.

 

Dengan raihan itu Ahmad memecahkan rekor nasional yunior dan remaja nomor Lompat Jauh. Tercatat rekornas lompat jauh untuk level remaja  7,29 meter, sementara rekor lompat jauh untuk level Yunior 7,59 meter, keduanya atas nama atlet nasional Noval. Dalam perlombaan tersebut, Ahmad mengungguli atlet asal Malaysia, Muhammad Nazri Bin Mustafa (7,52 meter), dan atlet Thailand Nattapong Srinonta (7,01 meter).

"Saya senang dengan hasil ini, Apalagi saya bisa memperbaiki catatan lompatan. Semoga hasil ini bisa menjadi modal saya untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan berikutnya," kata atlet berusia 17 tahun tersebut dilansir ANTARA. Bagi Ahmad ini kompetisi internasional perdananya dalam kancah kejuaraan khusus pelajar ASEAN tersebut.

Untuk mencapai rekor kemenangan ini Ahmad mengaku menjalani persiapan yang maksimal. Setiap tiga kali dalam sepekan ia harus bolak-balik ke Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Pangkal Pinang untuk menjalani pelatihan intensif dengan pelatih. Pusat pelatihan tersebut berjarak dua jam perjalanan dari kampung halamannya di Jebus, Kabupaten Bangka Barat. Saat ini Ahmad bersekolah di SMA Negeri 1 Jebus Bangka Belitung.

Keberhasilan jumper asal Pulau Bangka itu membawa harapan baru bagi Indonesia untuk mencatat pretasi gemilang di cabang atletik. Terlebih lagi kejuaraan dengan event yang sama akan digelar tahun depan di Semarang, Indonesia.

Sekum PB PASI Tigor M Tanjung, mempertimbangkan untuk menarik Ambali ke Pelatnas jangka Panjang PB PASI di Jakarta. Menurut Tigor, Ambali selama ini dilatih oleh Rpiansyah yang juga mantan atlet nasional yang pernah dilatih di Pelatnas PB PASI. "Dengan postur dan kecepatan larinya, Ambali bisa juga menjadi pelapis tim estafet kita nanti," ujar Tigor.   



Reporter : Andhika Dinata

Editor     : Cavin R. Manuputty

Andhika Dinata
21-07-2018 13:59