Main Menu

Asian Games Membawa Dampak Positif Pertumbuhan Ekonomi

Annisa Setya Hutami
29-07-2018 16:34

Bambang Brodjonegoro (GATRA/Erry Sudiyanto/re1)

Jakarta, Gatra.com-Perhelatan Asian Games yang dilaksanakan mulai Sabtu (18/8) menciptakan efek pada perekonomian nasional. Menteri PPN atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan PDRB DKI Jakarta mengalami peningkatan. Nilai tambah mencapai Rp6 triliun. PDRB menjadi Rp14 triliun. Output perekonomian Jakarta bertambah Rp40, 6 triliun. Sedangkan Output Sumatera Selatan meningkat Rp11, 1 triliun.

 

"Ada dampak di setiap elemen. Dampak langsung yaitu uang dikeluarkan untuk LRT palembang sebagai sarana. Investasi pemerintah untuk pendukung. Pengunjung dari Sabang hingga mancanegara. Dampak tidak langsung, dari segi ekonomi akan menciptakan lapangan kerja. Dengan dibangunnya LRT dan lapangan bowling pasti menambah jumlah lapangan kerja, " katanya pada Minggu (29/7) pada acara FMB 9 di kantor Bappenas.

Bambang menuturkan nantinya akan memajukan industri lokal seperti UMKM. Hal ini melalui pembuatan souvenir dengan beragam kreasi. Selain itu, akan menambah pendapatan bagi industri penginapan seperti hotel.

Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Ekowati Retnaningsih juga berharap adanya gelar Asian Games di wilayahnya, membawa manfaat bagi pelaku UMKM. Diharapkan menciptakan dampak ekonomi yang besar.

" Mengubah pola pikir masyarakat setempat. Meningkatnya UMKM, dan UKM daerah lebih dikenal. Infrastruktur dan investasi lebih meningkat dan tumbuh pesat," ujarnya.

Meskipun begitu, Ekowati sempat dihimbau oleh Inasgoc bahwa UKM daerah tidak diperbolehkan memproduksi souvenir Asian Games. Setelah dijelaskan, mereka memperbolehkan memproduksinya hanya yang bermotifkan etnik lokalitas saja. Tidak menggunakan logo Asian Games yang dibuat oleh Inasgoc.


Reporter: Annisa Setya Hutami ( ASH)

Annisa Setya Hutami
29-07-2018 16:34