Main Menu

Mahasiswa Ubaya Juara Wushu di Cina

Mukhlison Sri Widodo
30-08-2018 15:55

Natalie Chriselda Tanasa (GATRA/Abdul Hady JM/FT02)

Surabaya, Gatra.com - Indonesia kembali berbangga. Setelah Lindswell Kwok, atlet Wushu berhasil menyabet medali emas pada Asian Games 2018, Natalie Chriselda Tanasa, mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) juga berhasil menyumbangkan dua medali Emas dan satu Perunggu.

 

Natalie menyabet juara pada kejuaraan Wushu antar Universitas dunia. Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Tekni Ubaya ini berlaga di FISU World University Wushu Championship, awal Agustus lalu di Macau, Cina.

Natalie bermain dalam disiplin taolu, dan berkompetisi dalam tiga nomor, yakni Tinju Utara, Pedang, serta Tombak.

"Disana saya dapat dua medali emas dan satu perunggu. Yang Emas di nomor Pedang, terus Emas satunya lagi Tinju Utara, yang Perunggu-nya nomor Tombak," kata Natalie, Kamis (30/8).

Natalie satu di antara tujuh atlet Indonesia yang dikirim ke Kejuaraan Dunia Antar Universitas tersebut. Mereka mahasiswa aktif yang sebelumnya meraih kemenangan di Kejuaraan Nasional Wushu Piala Raja di Yogyakarta pada Maret lalu.

Sekurangnya 50 atlet dari seluruh dunia turut ambil bagian dari Kejuaraan ini. Selain Natalie, Jawa Timur juga mengirimkan satu mahasiswa lain, dari Universitas Kristen Petra atas nama William Adinata.

Meski tidak mendapatkan medali Emas, William berhasil membawa pulang dua medali, masing masing satu Perak dan satu Perunggu.

"Meraih Emas mengalahkan mahasiswa dari negara Cina Taipe, sama satunya Malaysia. Yang Emas satunya Malaysia sama Jepang," ujarnya.

Usaha keras yang dilakukan Natalie bersama William bukan sebentar. Keduanya telah berlatih selama kurang lebih sebulan di bawah naungan KONI Jatim.

"Lalu satu bulan berikutnya untuk latihan lebih intensifnya di Cina," ujar perempuan yang pernah meraih medali Perunggu secara beregu dalam Sea Games Myanmar 2013 lalu.

Ke depan, Natalie mengaku mempersiapkan diri untuk mengikuti Pra PON 2019 dan berkomitmen menampilkan yang lebih baik dari usahanya selama ini.


Reporter: Abdul Hady JM
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
30-08-2018 15:55