Main Menu

Kota Ternate Jadi Pusat Haornas 2018

Wanto
04-09-2018 18:23

Lapangan Gelora Kieraha Kota Ternate.(ANTARA/re1)

 

Jakarta, Gatra.com - Lapangan Gelora Kieraha Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menjadi pusat berlangsungnya perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September mendatang.

 

Dengan mengusung tema "Ayo Olahraga Membangun Indonesia", yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta mengatakan jika Haornas merupakan pestanya olahraga Indonesia.

Namun menurutnya tidak hanya berpesta, tapi pihaknya terus menguatkan masyarakat itu mulai menyenangi olahraga, melakukan olahraga, secara berjenjang. "Kalau sudah senang berolahraga, maka otomatis bibit akan mudah didapat untuk terus membangun olahraga Indonesia kedepannya," ucap Raden Isnanta.
 
Kelanjutannya untuk mencari bibit, Isnanta menuturkan jika digelarnya kompetisi berjenjang seperti Liga Sepakbola Pelajar U14 atau pun 16 Piala Menpora 2018, menjadi wahana-wahana untuk menjaring bibit potensial, karena menurutnya tak sedikit terjaring bibit-bibit muda olahraga Indonesia melalui kompetisi seperti ini.
 
Disisi lain Isnanta juga mengemukakan jika di Haornas menjadi tempat apresiasi tertinggi insan sepakbola yang berprestasi baik di level nasional maupun Internasional.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, Sukarjan Hirto mengklaim jika daerahnya siap menggelar Haornas 2018 ini. Berbagai infrastruktur pun telah dibenahi guna menyambut insan olahraga baik dari nusantara maupun dari mancanegara.
 
Ia mengatakan jika penyambutan kehadiran ribuan tamu harus disiapkan secara matang, mulai ketersediaan tempat penginapan mulai dari hotel hingga transportasi seperti bus yang disediakan bagi tamu.

"Untuk persiapan menyambut para tamu sudah dipersiapkan lebih awal dan Ternate akan menjadi salah satu kota yang tersibuk, dikarenakan bakal banyak kedatangan tamu baik dari dalam maupun luar negeri," ujarnya.
 
Dalam rangkaian Haornas 2018 ini juga menyertakan pameran olahraga, salah satu program unggulan Kemenpora dibawah komando Menpora Imam Nahrawi bertajuk Sepeda Nusantara serta kegiatan obor Asian Para Games dalam menyambut pesta olahraga bagi atlet penyandang disabilitas diawal Oktober mendatang.


Reporter: Wanto
Editor: Rosyid

Wanto
04-09-2018 18:23