Main Menu

Selain Kalah di AS Terbuka, Serena Williams Juga Kena Denda US$17.000

Birny Birdieni
10-09-2018 05:21

Petenis As Serena Williams melakukan protes terhadap wasit (Danielle Parhizkaran-USA TODAY SPORTS/yus4)

New York, Gatra.com- Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) mendenda Serena Williams sebesar US$17.000 karena dinilai telah melanggar kode-kode dalam Pertandingan Amerika Serikat Terbuka, Minggu (9/9).

 

Sehari sebelumnya, Williams kalah 6-2, 6-4 dari Naomi Osaka yang berhasil mengukir sejarah dengan menjadi petenis Jepang pertama menjuarai Grand Slam.

Dikutip dari Reuters, Senin (10/9) disebutkan bahwa kantor wasit mendenda Williams sebesar US$10.000 karena sikap pelecehan verbalnya pada wasit asal Portugal, Carlos Ramos.

Saat tertinggal 3-4, juara Grand Slam 33 kali itu menuduh Ramos sebagai pembohong. Hingga akhirnya ia mendapat hukuman "game penalty".

Lalu denda US$4.000 karena mendapat intruksi dari pelatihnya, Patrick Mouratoglou. Wasit memberinya hukuman "code violation" pada gim set kedua.

Tidak hanya itu, Williams juga dinilai melakukan serangkaian perilaku buruk, diantaranya adalah membanting raket yang membuat dia mendapat "point penalty". Atas sikap ini dia terkena denda US$3.000.

Pada akhirnya, Mouratoglou mengakui kalau dia memberi intruksi pada Williams. Namun menurutnya, hal itu karena pelatih Osaka juga melakukan hal yang sama.

Saat Osaka berdiri di podium untuk menerima trofi dan hadiah cek sebesar US$3,8 juta dollar, cemoohan suara frustasi penonton masih ada pada Ramos yang berdiri di tepi lapangan.

"Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada anda yang menyaksikan pertandingan," kata Osaka yang selalu bermimpi untuk bermain melawan Williams di final AS Terbuka. "Saya benar-benar bersyukur dapat bermain melawan anda," pungkasnya.


Birny Birdieni

Birny Birdieni
10-09-2018 05:21