Main Menu

Mulai dari Pejabat Nasional Hingga Artis Ibukota Meriahkan Pawai Obor di Makassar

Umaya Khusniah
12-09-2018 02:13

Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri) didampingi Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari (ketiga kanan) dan Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman (kedua kiri) melakukan prosesi awal kirab obor (torch relay) Asian Para Games 2018 di Kedaton Kasultanan Ternate, Maluku Utara, Minggu (9/9). (ANTARA/Humas Kemenpora/RT)

Makassar, Gatra.com - Pawai obor api untuk Asian Para Games 2018 di kota Makassar akan diselenggarakan pada Rabu (12/9). Pawai akan dimulai dari Kantor Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga ke Lapangan Karebosi Makasar, Sulsel.

 

Pawai obor kali ini akan dihadiri oleh Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Umar Septono, Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Budi Sulistijono dan pejabat setempat.

Ada pula artis dan penyanyi seperti Uut Permatasari, Abdul dan Winda Viska Ria yang merupakan jebolan Indonesian Idol. Winda sendiri akan menjadi torch bearer (pembawa obor).

Ditemui di lapangan Karebosi, Makassar, Selasa (11/9), Koordinator Panitia Pawai Obor Kota Makassar, Angelica Maria Rompas mengatakan timnya sudah siap melaksanakan pawai Obor Api Asian Para Games III secara maksimal.

Obor api Asian Para Games III dengan slogan "Gelorakan Semangat Peduli Disabilitas” sudah diterbangkan dari Ternate sejak Minggu (9/9) menuju Makasar. Obor diinapkan di rumah jabatan Gubernur Sulsel.

Selain Winda, akan ada trio paralimpian Sulsel yang akan menjadi pembawa obor. Mereka adalah Bahar Rahman yang merupakan peraih medali emas cabang atletit ASEAN Para Games Vietnam 2005, Suwarni yang merupakan peraih tiga emas cabang atletik Porcanas Kalimantan Timur 2008 dan Saldi yakni peraih emas cabang bulutangkis Peparnas Riau 2012.

Dalam pawai ini juga akan menghadirkan berbagai komunitas disabilitas lainnya untuk memeriahkan pawai obor api Asian Para Games III. "Yang pasti, kami akan kemas acaranya dengan baik sehingga membawa kesan dan pesan baik bagi masyarakat kota Makasar sekaligus mensukseskan kampanye Indonesia sebagai negara ramah kaum disabilitas," pungkasnya.


Umaya Khusniah

Umaya Khusniah
12-09-2018 02:13