Main Menu

IOC Dukung Pertandingan Siang Hari Ditiadakan di Olimpiade Tokyo 2020

Arif Prasetyo
12-09-2018 18:38

Ilustrasi - Olimpiade Tokyo 2020 (Shutterstock/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Komite Olimpiade Internasional mendukung seruan phak penyelenggara Jepang untuk menerapkan waktu penghematan siang hari di Olimpiade Tokyo 2020. Alasan ini timbul karena kekhawatiran akan meningkatnya suhu panas yang melonjak demi keselamatan atlet.

 

Ketua Komisi Koordinasi IOC John Coates memberikan jawaban tegas ketika ditanya apakah akan mendukung aturan yang dibuat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bulan lalu, menyusul gelombang musim panas yang mematikan di seluruh negeri.

"Ya, kami telah mengamati diskusi yang terjadi di negara ini," Coates mengatakan pada media seperti dikutip AFP Sports, Rabu (12/9).

"Kami telah perhatian terhadap musim panas, terutama pada atlet tetapi juga penonton," tambahnya, setelah permohonan untuk menggelar acara, khususnya maraton, di jam-jam yang lebih dingin.

"Kami tahu maraton dan acara-acara itu sudah dimulai pagi hari. Tapi kami tentu melihat potensi itu untuk penghematan di siang hari."

Jepang dilanda bencana alam berkelanjutan pada musim panas ini setelah topan super menewaskan 11 orang pekan lalu, diikuti oleh gempa kuat di Hokkaido utara yang menewaskan setidaknya 40 orang.

Sementara itu, kepala panitia lokal, Yoshiro Mori, mengumumkan bahwa nyala api Olimpiade akan dimulai di Olympia Kuno pada 12 Maret 2020, dengan serah terima ke Tokyo pada 19 Maret.


Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
12-09-2018 18:38