Main Menu

Dukung Asian Games, Kemensos Beri Pembekalan Pendampingan Relawan

Birny Birdieni
19-09-2018 19:31

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras. (Dok.Kemensos/RT)

 

Jakarta, Gatra.com- Untuk mendukung terselenggaranya Asian Para Games 2018, Kementerian Sosial menggelar pembekalan kepada sekitar 400-an relawan yang akan mendampingi para atlet.   

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras menegaskan pentingnya peran pendampingan kepada penyandang disabilitas.

Pendampingan memerlukan keahlian, keterampilan, dan pengetahuan tentang keterbatasan dan kebutuhan khusus penyandang disabilitas. "Oleh karena itu harus memahami perspektif disabilitas," ujarnya dalam rilis diterima Gatra.com, Rabu (19/9).

Yakni termasuk identifikasi hambatan dan etika berinteraksi dengan penyandang disabilitas. Serta pemahaman dasar tentang aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. 

Kemensos juga memberikan perhatian kepada transportasi dan dukungan mobiltas kepada para atlet. Sejauh ini, kementerian sudah menyediakan enam unit kendaraan ramah disabilitas. 

“Pak Menteri malah meminta agar jumlahnya ditambah. Kami sedang upayakan agar ada penambahan,” katanya lagi.  

Sementara itu, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Edi Suharto menyatakan Kota Jakarta dipilih sebagai tuan rumah. Tidak lain untuk meneruskan warisan kejayaan dan kesuksesan penyelenggaraan Asian Games pertama di Indonesia pada 1962. 

Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima tantangan untuk menyelenggarakan INAPG 2018 dengan semangat olahraga dapat menumbuhkan harapan baru.

“Pemerintah berharap penyelenggaraan INAPG 2018 melebihi kesuksesan penyelenggaraan event olahraga terdahulu,” kata Edi.

Sebagai informasi, pelaksanaaan INAPG 2018 merupakan ajang olahraga empat tahunan yang diselenggarakan bagi atlit-atlit penyandang disabilitas. Konsep yang diusung tahun ini adalah Harmoni. 

Ini untuk mengambarkan keseimbangan dan keharmonisan pada lingkungan dimana kita tinggal, yang dibangun oleh beragam perbedaan di seluruh penjuru Asia yang direpresentasikan kepada dunia dengan “The Inspiring Spirit and Energy of Asia.”


Umaya Khusniah

Birny Birdieni
19-09-2018 19:31