Main Menu

Hendro Sumbang Emas Perdana di Atletik SEA Games 2015

Dani Hamdani
07-06-2015 23:35

Atlet Nasional Hendro membuka perbendaharaan medali emas Indonesia dari Atletik di SEA Games 2015 Singapora dengan catatan waktu 1; 34;38.  (Jongki/GATRA)Singapura, GATRAnews - Atlet Nasional Hendro membuka perbendaharaan medali emas Indonesia dari Atletik di SEA Games 2015 Singapura. Hendro yang kerap disapa oleh teman-temanya sebagai Endro Kim Lung meraih medali dari nomor 20 km Jalan cepat.  Dalam perlombaan yang berlangsung di East Coast Park, Singapura, Sabtu, 6 Juni 2015. Hendro berhasil menyisihkan pejalan cepat Vietnam Nguyen Than Ngung  yang awalnya diprediksi bakal unggul karena memiliki personal best time lebih baik dari Hendro. Nguyen memiliki waktu terbaik 1;26;53 sebelumnya. Sementara Hendro 1;27;57 detik.

 

 

Namun, di lintasan East Coast Park yang terletak di tepi pantai tersebut, Hendro berhasil membuktikan sebaliknya. Hendro masuk finish pertama dengan catatan waktu 1; 34;38. Sementara, Nguyen Than Ngung malah tersisih cukup jauh dan berada di posisi keempat dengan waktu 1;52;12 atau berbeda 17 menit 49 detik. Posisi kedua ditempati kompatriot Nguyen Than Ngung, Vo Xuan Vinh  dengan catatan waktu  1;38;38. Medali perunggu diraih atlet jalan cepat malaysia, Harun M dengan catatan waktu 1;40;57 detik.

 

Menurut Manajer Tim atletik Indonesia Paulus Lay, keberhasilan Hendro sebenarnya sudah diprediksi oleh PB PASI. Paulus yang juga menjabat sebagai ketua bidang pembinaan dan prestasi ini mengatakan, sebagian besar lawan Hendro di SEA Games kali ini, memiliki kemampuan di bawah Hendro. “Hanya saja, yang tadi sempat dikhawatirkan kondisi panas, karena lokasinya persis di tepi pantai,” ujar Paulus.

 

Namun, berkat usaha keras Hendro akhirnya berhasil masuk finish di urutan pertama dan meninggalkan cukup jauh lawan-lawannya. Namun, catatan waktu Hendro belum melampaui rekornas yang pernah dibuat Hendro sendiri pada kejuaraan di Nanjing, China pada 4 Mei 2014 dengan catatan waktu 1;29 menit, 24 detik.

 

Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menyatakan kegembiraannya atas keberhasilan Hendro. Tigor, berharap, atlet-atlet atletik lain akan ikut menyumbang medali emas kembali bagi Indonesia. “Semoga, atlet-atlet kembali mempersembahkan medali emas,” ujar Tigor Tanjung.  

 

Minggu pagi, pelari asal Sumatera Barat Hamdan Sayuti akan bertanding di nomor Marathon putra dan diharapkan dapat menambah perbendaharaan medali bagi Indonesia.


Reporter: Hendri Firzani

Editor: Dani Hamdani

Dani Hamdani
07-06-2015 23:35