Main Menu

Dalam Tahap Renovasi, Pelatnas Atletik Pindah ke Rawamangun

Wanto
15-02-2016 17:45

Jakarta, GATRAnews - Program pelatnas Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) untuk Asian Games 2018 sepertinya tidak akan terganggu dengan rencana renovasi yang akan dilakukan oleh satgas Kementerian PU dan Perumahan Rakyat terhadap Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dan Stadion Madya. Seperti diketahui, penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang yang tinggal dua tahun lagi. Hal tersebut mendorong Pemerintah mengintensifkan berbagai persiapan venue dan fasilitas pendukung lainnya. Tak terkecuali persiapan venue perlombaan atletik yang rencananya akan digelar di Jakarta.

Dalam masterplan yang dibuat pemerintah, telah diputuskan bahwa cabor atletik akan digelar di stadion utama Gelora Bung Karno sedangkan Stadion Madya yang selama ini menjadi "Home of Athletics" Indonesia bakal menjadi lokasi pemanasan para atlet Asian Games.

Sebagai konsekuensi atas keputusan tersebut maka pemerintah dalam hal ini tim satgas Kementerian PU dan Perumahan Rakyat akan segera melakukan pembangunan dan renovasi fasilitas baik di stadion utama maupun stadion Madya Senayan.

Pekan lalu Tim satgas  kemepupera telah melaksanakan kegiatan audit dan survei pada seluruh venue di kompleks GBK bersama direksi PPKGBK, KONI Pusat dan KOI didampingi pengurus cabor-cabor yang terkait dengan venue yang dikunjungi.

Sekjen PB PASI Tigor M.Tanjung yang mendampingi tim Satgas saat berkunjung ke Stadion Madya mengatakan, dari hasil pembicaraannya dengan Tim Satgas Kemenpupera dan direksi PPKGBK telah diputuskan bahwa Stadion Madya akan mulai direnovasi pada  awal April 2016 dan diperkirakan selesai pada Juli 2017.

Selain itu, tim Satgas juga meminta agar seluruh area yang akan direnovasi harus steril dari segala aktifitas baik latihan maupun aktifitas kesekretariatan.

Selama ini Stadion Madya selain menjadi lokasi pelatnas jangka panjang PB PASI yang menampung hampir 100 atlet dari berbagai daerah, juga menjadi kantor sekretariat bagi PB PASI, PAMI, dan RDC (Regional Development Center) IAAF, untuk kawasan Asia.

Untuk itu, PB PASI menurut Tigor Tanjung akan segera berkemas untuk memindahkan kantor operasionalnya. "Sampai saat ini,kami masih mencari lokasi kantor yang cocok dan memadai," ujar Tigor Tanjung.

Sementara untuk pelatnas, lokasi latihan para atlet akan dipindahkan ke stadion Rawamangun,Jakarta Timur, dengan memanfaatkan Rusunawa milik UNJ sebagai lokasi pemondokan atlet. "Stadion Rawamangun dianggap cukup memadai untuk menjadi lokasi sementara Pelatnas dibanding Stadion Pakansari Cibinong,yang sempat menjadi salah satu pilihan lokasi Pelatnas," katanya.



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

Wanto
15-02-2016 17:45