Main Menu

Ini Target PB PASI di Singapore Open 2016

Wanto
25-04-2016 16:16

Jakarta, GATRAnews - Ada yang berbeda dalam keikutsertaan Indonesia dalam Kejuaraan Atletik Singapore Open 2016. Kali ini, PB PASI mengirimkan atlet-atlet yang notabene merupakan atlet pelapis dari atlet senior Indonesia. Tim Indonesia yang terdiri dari 25 atlet nasional putra dan putri dan 9 orang pelatih serta ofisial ini, mayoritas diisi oleh para atlet lapis senior. Di antaranya terdapat Maria Londa yang di tempat yang sama tahun lalu meraih medali emas lompat jauh sekaligus meloloskannya ke Olimpiade 2016.

Maria akan memanfaatkan kejuaraan ini untuk mengevaluasi penyembuhan cederanya dan membiasakan diri untuk bertanding kembali.

Kejuaraan atletik yang telah berlangsung sebanyak 78 kali ini, untuk pertama kalinya akan dilaksanakan di Stadion Utama Singapura yang juga dikenal dengan sebutan Singapore Sport Hub.

Diperkirakan akan banyak negara yang berpartisipasi termasuk pesaing-pesaing Indonesia dalam SEA Games yang juga akan menurunkan tim-tim seniornya.

Indonesia sendiri selain diwakili atlet-atlet pelatnas, juga akan diwakili oleh sejumlah atlet daerah. Karena sifatnya yang Open (terbuka) maka sejumlah daerah berkesempatan mengirimkan atletnya untuk berlomba di Singapore Open. Daerah tersebut yaitu Bangka Belitung yang mengirim 3 atlet terbaiknya, Jawa Tengah (7 Atlet) dan Jawa Timur (11 Atlet).

Dalam kesempatan event ini PB PASI, menurut Sekjen PB PASI Tigor Tanjung, berharap tim estafet 4x100 meter  putra dapat malampaui limit Olimpiade, yakni 38,50 detik sehingga bisa lolos ke olimpiade 2016 Rio Janeiro.

Tim yang telah digodok selama ini oleh pelatih Eni Sumartoyo itu terdiri dari trio sprinter asal Nusa Tenggara Barat Fadlin, Sudirman Hadi dan Iswandi Abdullah serta Muhammad Rozikin, Yaspi Bobby, dan Yudi Nugroho.

"Apabila Thailand menurunkan juga tim 4x100 meternya, diharapkan persaingan yang ketat ini dapat membuat catatan waktu tim Indonesia lebih tajam," ujarnya.

Di Ajang Singapore Open 2015, Indonesia berhasil menjadi juara umum, dengan mengoleksi 9 medali emas, 5 perak, dan 5 perunggu. Penyumbang emas Indonesia yakni Maria Natalia Londa dari nomor lari lompat jauh perempuan, Tri Setyo Utami dari nomor lari cepat 100m perempuan, Iswandi dari nomor lari cepat 100m laki-laki.

Untuk Dedeh Erawati berhasil menjadi yang terbaik di nomor lari gawang 100m perempuan, Ridwan dari nomor lari jarak menengah 1500m laki-laki, Trianingsih dari nomor lari jarak jauh 5000m perempuan, dan Agus Prayogo dari nomor lari jarak jauh 5000m laki-laki.
 
Sementara untuk nomor lari estafet 4x100m perempuan dan laki-laki, Indonesia berhasil menyabet emas dari keduanya. Tim estafet perempuan terdiri dari Irene Alisjahbana, Serafi Anelis Unani, Niafatul Aini, dan Tri Setyo Utami.

Sementara untuk tim estafet laki-laki terdiri dari Yaspi Boby, Mohammad Rozikin, Iswandi, dan Yudi Dwi Nugroho.

Rencananya, para atlet akan berangkat pada hari selasa pukul 10.00 dengan penerbangan Garuda Indonesia GA 828. Mereka akan dilepas secara resmi oleh Sekjen PB PASI Tigor Tanjung di Stadion Madya Senayan Jakarta, Senin (25/4), pada pukul 15.00.



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay

Wanto
25-04-2016 16:16