Main Menu

Bob Hasan: Lari Adalah Fondasi Penting Olahraga

Hendri Firzani
05-11-2017 15:27

 


 Yogyakarta, Gatra.com- Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mohamad Bob Hasan menyatakan bahwa lari adalah fondasi dasar yang penting bagi semua cabang olahraga. Bob mengingatkan, semua atlet berprestasi untuk menyimpan uang hadiahnya demi hari tua.


 
Ditemui usai menghadiri kegiatan "Prambanan Fun Run  5 Km" di Candi Prambanan, Minggu (5/11), Bob Hasan melihat kegagalan prestasi Indonesia dalam bidang olahraga selama ini karena lemahnya penerapan teknik lari sejak dasar.“Lari jangan dianggap sebagai olahraga murahan. Lari adalah fondasi dasar di semua jenis olahraga sebab lari membentuk karakter, fisik, dan semangat atlet. Jika penerapan teknik salah, maka semua akan salah,” kata Bob Hasan.

Acara Prambanan Fun Run sendiri diikuti lebih dari 12.000 peserta yang kebanyakan merupakan warga di sekitar candi prambanan. Mereka memperebutkan berbagai hadiah, dari mulai televisi hingga hadiah utama berupa satu unit mobil.
 

Sebagai contoh, menurut Bob Hasan,  sepak bola Indonesia tidak pernah berkembang pesat karena tidak menerapkan teknik lari dengan benar. Antara lain pembentukan daya tahan tubuh melalui lari jarak 10 kilometer dan lari cepat atau sprint untuk merebut bola.

 

Bob menyatakan seharusnya negara mewajibkan semua calon atlet  untuk menekuni lari sejak kecil sampai sekolah menengah baru kemudian diarahkan ke olahraga permainan.

 

“Saya yakin, jika kita mulai sekarang, dan mampu melaksanakan program ini, ke depan tidak ada atlet Indonesia yang bertipe pendekar, pendek dan kekar. Mestinya atlet bisa memiliki tubuh ideal seperti Usain Bolt, juara dunia lari cepat,” katanya.

 

Karena itu, saat ini PASI fokus pada pembinaan atlet baik dari tingkat junior, remaja, maupun dewasa.

 

Bob Hasan juga mengingatkan agar atlet tidak lupa menyimpan semua hadiah dari perlombaan untuk investasi  masa depan. Atlet juga diharapkan menjadi pengusaha dan tidak mengandalkan olahraga sebagai pendapatan utama.

 
Salah satu atlet PASI yang turut mendampingi Bob Hasan, Emilia Nova, menceritakan seluruh pendapatan dari mengikuti lomba disimpan sebagai jaminan hari tua.

 
“Sebagai investasi awal saya kemarin mengambil Rp1 miliar untuk membuat usaha kos-kosan dan rumah makan yang dikelola keluarga,” katanya.


Reporter: Arif Koes Hernawan

Editor: Hendri Firzani

Hendri Firzani
05-11-2017 15:27