Main Menu

Dana Asian Games Minim, Ini Siasat PB PASI

Hendri Firzani
19-01-2018 18:54

Maria Londa (AFP Photo/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Di tengah-tengah suara ketidakpuasan induk-induk cabang olahraga (cabor)  akibat pemangkasan biaya persiapan Asian Games 2018 yang disediakan pemerintah, PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI)  harus memutar otak agar atletik Indonesia dapat berbicara banyak dalam perhelatan olahraga terbesar Asia tersebut.

 

Bermodal hanya Rp9,9 milyar  untuk 16 atlet  dari Rp 33 milyar  untuk 44 atlet yang diajukan, PB PASI tidak akan memberikan target yang muluk-muluk kepada atlet. Meskipun, harapan untuk memenangkan medali tetap ada, sepanjang program pelatnas berjalan lancar.


Salah satu program yang direncanakan adalah mengirim para atlet berlatih dan bertanding di Santa Barbara, Amerika Serikat dengan bantuan konsultan Harry Marra. Pelatih terbaik dunia pilihan IAAF 2016 ini telah menjadi konsultan PB PASI sejak pertengahan tahun 2017.

Harry Marra (Reuters/Dylan Martinez/yus4)

Selama 1 bulan di sana, atlet-atlet juga akan mengikuti beberapa kompetisi seperti di Palo Alto dan Los Angeles untuk menguji kemajuan latihan. Hal ini dikemukakan oleh Tigor Tanjung, Sekretaris Umum PB PASI di Jakarta hari Kamis (18/1).

Tentang nama-nama atlet yang dikirim, Tigor Tanjung mengatakan mereka adalah atlet-atlet di luar nomor-nomor jarak jauh yang berpeluang merebut medali. Di antaranya, peraih medali emas Asian Games 2014 Maria Londa dan Peraih emas Sea Games Eki Febri Ekawati.  Selain itu, beberapa atlet lapis kedua pun akan ikut disertakan. "Kami akan mengevaluasi kesiapan para atlet terlebih dahulu sebelum menentukan nama-nama yang akan diberangkatkan," ujar Tigor Tanjung.

Tigor Tanjung juga mengatakan bahwa arahan dari Ketua Umum PB PASI Bob Hasan adalah tetap mempersiapkan regenerasi. Sejalan dengan hal ini, sebagai contoh, PB PASI akan membongkar susunan pelari tim 4 x 100 meter putra mengingat beberapa anggotanya sudah cukup tua dan dilanda cedera.


 

Editor: Hendri Firzani

 

Hendri Firzani
19-01-2018 18:54