Main Menu

Terkendala Pengangkutan Galah, Idan Fauzan Gagal Berangkat Ke Kejuaraan Dunia U20

Hendri Firzani
08-07-2018 19:15

Sekretaris umum PB PASI Tigor M Tanjung.(GATRA/Erry Sudiyanto/re1)

Jakarta, Gatra.com - PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI)  terpaksa hanya mengirimkan dua atletnya ke ajang IAAF World U20 Championships 2018 di Tempere Stadium, Tampere, Finlandia. Sekretaris umum PB PASI Tigor M Tanjung mengatakan, Indonesia hanya diwakili pelari gawang putra Halomoan Edwin Binsar dan sprinter Lalu Muhammad Zohri. “Tadinya, kami juga akan berangkatkan pelompat galah Idan Fauzan, tapi karena kendala galahnya yang tidak bisa diangkut pesawat, ia tidak jadi berangkat,” ujar Tigor M Tanjung.

Berdasarkan rilis dari PB PASI yang diterima Gatra.com, ahad (8/7) Kegagalan pemberangkatan atlet akibat tak bisa membawa galah, sudah menjadi persoalan lama PB PASI. Bahkan, beberapa kali, atlet Indonesia berlaga di luar negeri tanpa galah standar mereka sehingga, tak bisa menghasilkan prestasi terbaik.

Sebagian besar maskapai penerbangan internasional menolak membawa galah. “Padahal, Idan punya peluang untuk meraih medali dan memecahkan rekornas ,” tambah Tigor.

Idan merupakan pemegang rekornas lompat galah putra dengan lompatan setinggi 5,20 meter. Idan juga masuk daftar atlet yang akan diturunkan di ajang Asian Games 2018 mendatang.

Menurut Tigor Tanjung, ini kali pertama atlet Indonesia berhasil lolos ke kejuaraan yang berlangsung dua tahunan tersebut. Namun, sayang kesempatan untuk berprestasi maksimal di tingkat dunia, pupus akibat kendala non teknis. 

Sementara itu, Halomoan dan Lalu Muhammad berangkat dini hari tadi (8/7), dan direncanakan tiba di Finlandia, malam ini. Kejuaraan IAAF World U20 Championships akan berlangsung dari tanggal 10 sampai 15 Juli 2018.

Kedua atlet ditemani pelatihnya masing masing yaitu Kikin Ruhuddin dan Erwin Renaldo Maspaitella. PB PASI tak memancang target muluk buat kedua atlet muda nasional tersebut. Kesempatan ini, menurut Tigor, akan digunakan untuk menambah jam terbang dan mempertajam waktu terbaik mereka sebelum puncaknya nanti di Asian Games mendatang.


 

Editor: Hendri Firzani 

Hendri Firzani
08-07-2018 19:15