Main Menu

Menpora Sambut Langsung Kedatangan Lalu Muhammad Zohri

Hendri Firzani
18-07-2018 03:28

Menpora Imam Nahrawi, Lalu Muhammad Zohri (tengah), dan Sekum PB PASI Tigor M Tanjung. (GATRA/Ardi Widi Yansah/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Menpora Imam Nahrawi dan Sekum PB PASI Tigor M Tanjung menyambut langsung kedatangan Sprinter juara dunia U-20 Lalu Muhammad Zohri di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/7) jam 23.00 malam. Kesenian musik Gendang Beleq asal Lombok menyemarakkan acara penyambutan atlet yang baru berusia 18 tahun itu.

Ikut hadir dalam penyambutan tersebut para pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). Selain itu, dihadirkan pula Kakak-kakak kandung Zohri, guru sekolah serta pelatih Zohri di masa PPLP NTB yang didatangkan langsung dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Meski terlihat lelah, Zohri tetap bersemangat untuk terlibat dalam penyambutan. Bendera Merah Putih yang dipakainya saat selebrasi juga tidak lepas dari pegangannya "Selamat datang kembali ke tanah air pahlawan Indonesia yang sejak Juni lalu meninggalkan Indonesia dan pulang dengan membawa kabar baik yang menginspirasi kita semua," kata Imam saat memberikan sambutan.

Lalu menjadi juara di kejuaraan dunia U 20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. Prestasi yang dicatat atlet yang dijuluki ‘Bocah ajaib dari Lombok' ini terbilang fenomenal.

Ia bisa mengalahkan para pesaingnya yang berasal dari Negara-negara langganan juara dunia sprint 100 meter seperti dari Amerika Serikat dan Jamaika.

Zohri tercatat sebagai sprinter Indonesia pertama yang meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 dengan catatan waktu 10,18 detik. Catatan waktu ini juga nyaris menyamai rekor nasional di nomor yang sama, yang saat ini dipegang oleh Suryo Agung Wibowo, yakni 10,17 detik.

Video dan kabar kemenangan Zohri di Kejuaraan Dunia Atletik Junior U-20 di Finlandia itu langsung ramai diperbincangkan di media sosial. Berbagai pihak mengapresiasi apa yang dilakukan anak yatim piatu ini.

Mereka langsung ramai-ramai tergerak memberikan bonus dan hadiah kepada Lalu. Pemerintah  atas perintah presiden Joko Widodo melakukan renovasi terhadap kediaman Lalu di Lombok. Sementara, kemenpora sendiri memberikan bonus sebesar Rp 250 juta dari Kemenpora. Adapun untuk pelatih, pemerintah juga memberikan bonus sebesar Rp 100 juta. 

Selain itu beberapa perusahaan juga memberikan bonus, seperti PT Pegadaian yang memberikan bonus emas 1 kg kepada Zohri senilai lebih dari Rp 600 juta. 

 


Editor: Hendri

Hendri Firzani
18-07-2018 03:28