Main Menu

Nilai Historis Kirab Owi/Butet

Edward Luhukay
02-09-2016 10:45

Kudus, GATRAnews - Ribuan warga Kudus, Kamis (1/9), tumpah ruah di sepanjang rute kirab mulai dari Gerbang Kudus Kota Kretek - Brak Bitingan Lama 53 - Simpang 7 Kota Kudus - GOR Djarum, Jati, Kudus. Warga Kudus akhirnya dapat melihat secara langsung dua peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Owi/Butet). Dari Brak Bitingan, Owi/Butet kemudian diusung menuju Pendopo Kota Kudus. Rute tersebut sengaja dipilih karena memiliki nilai historis dari keberadaan PB Djarum yang sudah banyak melahirkan bintang bulu tangkis Indonesia. Brak Bitingan Lama 53 tak lepas dari sejarah awal berdirinya PB Djarum, yang menjadi tempat latihan pertama PB Djarum di tahun 1969.

Kehadiran Owi/Butet di Pendopo Kota Kudus, seperti pengulangan sejarah yang terjadi 32 tahun silam. Saat itu, Indonesia berhasil meraih Piala Thomas di tahun 1984, dimana dari delapan atlet, tujuh di antaranya berasal dari PB Djarum.

Setibanya di Pendopo Kota Kudus, rombongan disambut oleh masyarakat Kudus di Alun-alun Simpang 7 Kota Kudus. Di hadapan warga, Owi/Butet menyampaikan testimoni dan ucapan terima kasih atas dukungan terhadap atlet-atlet bul tangkis Indonesia selama Olimpiade Rio 2016.

"Kehadiran para legenda bulu tangkis Indonesia di arak-arakan ini semoga menjadi inspirasi sekaligus momentum untuk meningkatkan pembinaan atlet-atlet muda, agar Indonesia bisa terus berprestasi lebih baik lagi di tingkat dunia," kata Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin.

Turut serta dalam kirab tersebut, sejumlah legenda bulu tangkis Indonesia yang berhasil menyubangkan medali di Olimpiade, yakni Susi Susanti, Alan Budikusuma, Eddy Hartono, Rexy Mainaky, Denny Kantono, Antonius Budi Ariantho, Minarti Timur, dan Maria Kristin.

Selain itu juga hadir pelatih PB Djarum yang berhasilkan mengantarkan anak didiknya meraih medali emas di Olimpiade, Christian Hadinata --pelatih Ricky Subagja/Rexy Mainaky--. Juga ada Richard Mainaky, pelatih Owi/Butet di Olimpiade Rio 2016.

Rangkaian kirab ini kian spesial dengan kehadiran dua legenda bulu tangkis putra Indonesia yang merupakan putra asli kelahiran Kudus, Liem Swie King dan Hariyanto Arbi.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
02-09-2016 10:45