Main Menu

Liburan Sekaligus Nonton Pertandingan Bola di Inggris, Ini Tipsnya

didi
31-08-2017 16:06

Ilustrasi (GATRAnews/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Buat pecinta sepakbola, terutama Liga Inggris, menonton langsung pertandingan klub kesayangan adalah salah satu impian yang harus terwujud. Tapi bagaimana caranya agar bisa liburan sekaligus nonton pertandingan sepakbola di Negeri Ratu Elizabeth itu? Simak tipsnya berikut ini.

Tiket Pertandingan
Berbeda dengan tiket pertandingan sepakbola di Indonesia yang dijual pada hari H, tidak demikian dengan di Inggris. Mereka sudah mengumumkan harga tiket untuk masing-masing pertandingan sejak awal musim. Nah, harga tiket ini berbeda-beda pada setiap pertandingannya. Lokasi tempat duduk juga menentukan berapa harga tiketnya.

Bisa saja penonton membeli langsung sebelum pertandingan, tapi bisa dipastikan spot untuk menonton bakal tidak nyaman. Untuk dapat spot yang lebih oke, belilah tiket secara online dan sejak jauh hari.

Pilih Pertandingan
Laga antara Manchester United lawan Chelsea atau Arsenal tentu lebih mahal daripada ketika Si Setan Merah melawan tim papan bawah. Dan biasanya tiket big match seperti ini sudah habis terjual sejak jauh hari. Apalagi kalau pertandingan derby, tiketnya dipastikan ludes dalam sekejap.

Kalau dana lebih, tidak ada salahnya nonton derby atau big match. Tapi kalau dana terbatas, nonton pertandingan biasa juga tidak masalah bukan? Karena meski pertandingan biasa pun, harganya sudah cukup mahal.

Untuk harga termurah, satu pertandingan paling biasa di Inggris dipatok di angka Rp 598 ribu. Sementara harga tiket big match bisa mencapai Rp 1,8 juta.

Siapkan Keberangkatan Sejak Jauh Hari
Agar perjalanan ke Inggris tidak sia-sia, persiapkan keberangkatan sejak jauh-jauh hari. Selain perlu waktu untuk mengurus visa, penonton pun harus memperhatikan jadwal pertandingan dari klub kesayangan kamu. Jangan sampai sudah jauh ke Inggris, ternyata klub yang diincar sedang di Negara lain untuk pertandingan Liga Champion atau EURO.

Selain itu penonton juga harus mempertimbangkan jarak dari hotel ke stadion. Tentu perlu waktu untuk survey penginapan terdekat, bagaimana aksesmu dari penginapan ke stadion, dan banyak lainnya.

Selain itu mempersiapkan perjalanan sejak jauh hari juga berpengaruh pada harga tiket. Tidak mudah mencari tiket pesawat dengan harga promo ke Inggris. Meski ada maskapai asal Indonesia yang melayani penerbangan langsung ke Inggris, tapi bukan berarti tiketnya mudah didapat apalagi ketika ada pertandingan besar di kota yang dituju. Bisa-bisakalah cepat dengan orang lain yang juga cari tiket pesawat ke tujuan yang sama.

Setelah memastikan tanggal keberangkatanmu, langsung cari tiket di Traveloka. Bandingkan harga masing-masing maskapai. Biasanya yang paling murah adalah dengan menempuh perjalanan transit, bukan direct flight dari Indonesia ke Inggris.

Ingat juga bahwa direct flight pun tidak ke semua kota di Inggris. Bagi beberapa pecinta klub yang jauh dari London atau Liverpool, pertimbangkan pula transportasi yang akan dipakai untuk menuju kota tempat klub kesayangan berkandang.

Setelah mendapatkan tiket, juga harus mempertimbangkan penginapan. Karena harga penginapan dan makanan di Inggris dikenal lebih mahal daripada Negara lain di Eropa, jadi harus siap-siap merogoh kocek yang lebih dalam. Triknya adalah dengan mencari penginapan lewat aplikasi, sementara makanan sebagian bawalah dari Indonesia. Memilih apartemen ketimbang hotel juga bisa jadi pilihan untuk liburan hemat di Inggris.


Reporter: Didi Kurniawan

didi
31-08-2017 16:06