Main Menu

Kota Magelang Jadi Tuan Rumah Superliga Junior 2017

Wanto
23-11-2017 14:40

Press Conference Blibli.com Superliga Junior 2017 (Dok. Djarum Badminton/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Kejuaraan bulu tangkis beregu Superliga Junior 2017 akan dihelat di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah (Jateng) pada 5 hingga 10 Desember 2017. Seperti tahun sebelumnya, kompetisi ini akan menggunakan format beregu putra dan beregu putri seperti halnya Piala Thomas dan Piala Uber.


Sistem ini akan mempertandingkan lima partai yang terdiri dari tiga tunggal dan dua ganda. Pada kategori U-17, peserta akan memperebutkan piala Superliga Junior. Sedangkan dalam kategori U-19 akan memperebutkan piala bergilir, yaitu Piala Liem Swie King untuk beregu putra dan Piala Susi Susanti untuk beregu putri.

Pemilihan nama Piala Liem Swie King dan Piala Susi Susanti tak lepas dari kiprah dan peran mereka yang sangat berjasa mengharumkan nama Indonesia di pentas bulu tangkis dunia. Di masa jayanya, Liem Swie King dan Susi Susanti kerap menjadi pahlawan dalam kompetisi beregu dunia.

Direktur Superliga, Achmad Budiharto mengatakan, bergulirnya turnamen Superliga Junior 2017 diharapkan meningkatkan jam terbang para atlet-atlet muda untuk bertanding dalam format beregu.

“Pengalaman bertanding dalam format beregu sangat penting bagi para pemain muda. Diharapkan dengan Superliga Junior 2017 ini para pemain muda kita semakin terbiasa berkompetisi di nomor beregu. Ini akan menjadi modal mereka untuk mengikuti kejuaraan beregu di level yang lebih tinggi lagi nantinya,” ujar Achmad Budiharto dalam jumpa pers yang digelar di Ayana Ballroom, Mid Plaza Hotel, Jakarta, Rabu (22/11).

Pada kategori U-19, terdapat delapan klub yang akan bertanding yaitu PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung serta tiga klub yang masing-masing berasal dari Tim Jepang, Tim Malaysia, dan Tim Korea.

Sementara untuk kategori U-17, klub-klub yang akan menerjunkan atlet mudanya ialah PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, PB SGS PLN Bandung, Fifa Badminton Club, PB Sarwendah Jakarta, dan PB Candra Wijaya Tangerang.

Totalnya terdapat 11 klub bulu tangkis papan atas dari Indonesia, Jepang, Malaysia, hingga Korea yang akan menurunkan atlet terbaiknya untuk meraih juara di dua kategori pertandingan yakni U-17 dan U-19.

Pada saat yang sama, Ketua Umum PP PBSI, Wiranto menyambut baik bergulirnya Blibli.com Superliga Junior 2017 yang akan menjadi ajang mengasah kemampuan atlet-atlet muda bulu tangkis Indonesia. Terlebih di tahun ini, para atlet muda tersebut juga akan berhadapan dengan atlet bulu tangkis lain dari mancanegara.
 
“Kompetisi ini merupakan langkah yang sangat baik untuk membangun generasi bulu tangkis Indonesia di masa depan. Seperti yang kita ketahui, jadi atlet bulu tangkis itu tidak bisa instan. Liem Swie King dan Susi Susanti juga harus berjuang dari kecil sampai akhirnya bisa menjadi juara di pentas bulu tangkis dunia. Semoga nilai-nilai seperti spirit dan semangat pantang menyerah ini bisa melekat di jiwa atlet-atlet muda kita,” ujar Wiranto.

Superliga Junior 2017 menjanjikan total hadiah sebesar Rp 265 juta. Di kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susi Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 100 juta, Juara II Rp 50 juta, dan Juara III bersama Rp 25 juta. Sedangkan di U-17 yang memperebutkan Piala Superliga Junior akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 50 juta, Juara II Rp 25 juta, dan Juara III bersama Rp 15 juta untuk masing-masing kategori.


Reporter: Wanto
Editor: Iwan Sutiawan

Wanto
23-11-2017 14:40