Main Menu

KONI Pusat Desak Kemenpora Percepat Pelatnas Asian Games

Wanto
14-12-2017 00:33

Wakil Ketua KONI Inugroho. (Dok.PBSI/FT02)

Jakarta, Gatra.com - KONI pusat mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk segera menggelar pelatnas Asian Games 2017. Pasalnya, waktu penyelenggaran even olahraga paling bergengsi di kawasan Asia itu kian mepet.


"Kami minta Kemenpora untuk segera menggelar pelatnas. Karena kalau waktu pelaksanan Asian Games kian dekat," ujar Inugroho, Wakil Ketua KONI Pusat dalam acara Focus Group Discussion Humas KONI pusat di Sukabumi, Jabar,  Rabu (13/12).

Ya, pelatnas dibubarkan bersamaan dengan keluarnya Perpres No 95 tentang Penghentian Program Emas atau Satlak Prima. Keluarnya kebijakan ini membuat atlet pelatnas terpaksa di pulangkan ke cabor masing-masing.

Menurut Inugroho, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan cabor-cabor untuk mempersiapkan  atlet yang akan berlaga di Asian Games. Hanya saja, kata dia, persiapan memang masih  terkendala karena belum adanya pelatnas.

" Kami dengar pelatnas baru dimulai Januari. Ya kita tunggu saja, mudahan-mudahan dapat segera  terealisasi," kata Inugroho.

Di sisi lain, Kemenpora akan segera menerbitkan surat keputusan atlet-atlet yang masuk dalam program pemusatan pelatihan nasional jelang Asian Games 2018 pada Desember 2017. Ini menyusul proposal usulan dari pengurus cabang-cabang olahraga.

"Kami masih menunggu proposal usulan dari cabang-cabang olahraga hingga Jumat (15/12). Proposal itu akan mencantumkan nama-nama atlet sebagai persiapan menghadapi Asian Games 2018," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana seperti dikutip dari Antara.

Kemenpora, lanjut Mulyana, akan membagi kategori pemusatan pelatihan atlet nasional menjadi empat lapis, yaitu atlet elit tingkat internasional, atlet elit regional, atlet elit nasional, dan elit junior selain nama-nama manajer serta pelatih pada setiap cabang olahraga.


Reporter: Wanto
Editor: Iwan Sutiawan

Wanto
14-12-2017 00:33