Main Menu

Seribuan Pebulu Tangkis Mancanegara Ikuti Turnamen Pembangunan Jaya Raya

Iwan Sutiawan
03-04-2018 12:16

Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2018. (Dok. PBSI/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Sebanyak 1.054 atlet dari 19 negara akan tampil dalam turnamen bulutangkis Pembangunan Jaya Raya Yonex-Sunrise Junior Grand Prix Gold 2018 di GOR PB Jaya Raya, Bintaro, Selasa-Minggu (3-8/4).

Dikutip dari laman PBSI, Selasa (3/4), turnamen ini mempertandingkan ketegori U-15, U-17, dan U-19. Para pemain muda di antaranya dari pelatnas Cipayung dan beberapa klub besar di Tanah Air seperti PB Jaya Raya dan Djarum Kudus akan ambil bagian untuk bersaing ketat dengan para pemain asal mancanegara seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan India.

Level turnamen ini cukup bergengsi karena merupakan turnamen terbuka yang levelnya tertinggi untuk junior. Untuk kategori U-19, poinnya akan langsung diperhitungkan dalam peringkat BWF, sedangkan untuk kategori U-17 dan U-15 diperhitungkan dalam peringkat BAC.

Terlebih dalam kalender BWF tahun 2018, untuk di Asia event Junior Grand Prix Gold hanya digelar di Indonesia pada 2-8 April 2018 dan di India pada 7-12 Agustus sehingga sejumlah pemain junior terbaik dari beberapa negara juga tampil di sini.

"Mereka mengincar poin untuk peringkat BWF. Turnamen ini menjadi persaingan sengit para pemain junior," kata Tony Soehartono, Ketua Panitia Turnamen Pembangunan Jaya Raya Yonex-Sunrise Junior Grand Prix Gold 2018.

Adapun tim tuan rumah Indonesia menjadi kontingen terbanyak yakni menerjunkan 751 pemain yang berasal dari pelatnas dan klub. Sementara Tiongkok dan Korea Selatan mengirim sebanyak 20 pemain. India 57 pemain dan Jepang 9 pemain. Negara Asia Tenggara, yakni Thailand mengirim 47 pemain, Malaysia 25 pemain, dan Singapura 14 pemain.

Pengurus Harian PB Jaya Raya, Imelda mengatakan, sebagai tuan rumah, Jaya Raya juga tidak ingin melewatkan momentum turnamen ini. "Inilah kesempatan besar buat pemain-pemain kita untuk menguji kemampuan mereka," ujarnya.

Imelda menambahkan, dari turnamen ini, PB Jaya Raya cukup realistis memasang target. Dengan ketatnya persaingan, klub yang bermarkas di kawasan Bintaro ini, memasang target satu gelar di sektor ganda putra kategori U-19, melalui pasangan Ferdian Mahardika Ranialdy/Giffari Anandaffa Prihardika.

"Kita juga berharap kejutan lewat Stephanie Widjaja dari sektor tunggal putri di kategori U-17 dan Tasya Farahnailah di tunggal putri U-15," kata Imelda.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
03-04-2018 12:16