Main Menu

Lee Chong Wei Raih Gelar Ketiganya di Commonwealth Games 2018

Arif Prasetyo
15-04-2018 14:41

Pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei.(Dok. ANTARA/re1)

Jakarta, Gatra.com – Pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei menjadi yang terbaik di tunggal putra perorangan di ajang Commonwealth Games 2018. Bintang Malaysia berusia 35 tahun ini mampu meraih medali emas di ajang Persemakmuran ketiga kalinya di tunggal putra.

 

Chong Wei mengkandaskan pemain nomor satu India Srikanth Kidambi dengan skor 19-21, 21-14, 21-14. Ia mampu bangkit di babak kedua dan ketiga setelah di babak pertama kalah.

"Ini adalah salah satu pencapaian saya yang paling berkesan karena ini akan menjadi Commonwealth Games terakhir saya," kata Lee seperti dikutip laman Associated Press, Ahad (15/4).

“Saya tahu betapa pentingnya medali emas ini untuk Malaysia. Saya memenangkan ini untuk seluruh tim bulutangkis Malaysia. ”

Kidambi sempat mengalahkan Lee saat memenangkan gelar di ganda campuran dan lebih baik dari pertandingan pertama di final tunggal sampai veteran Malaysia menemukan sentuhannya.

“Saya kehilangan dia dalam ganda campuran dan saya ingin tanding kembali dalam tunggal perorangan. Itu tidak mudah secara mental, ”kata Lee. “Dalam satu minggu saya memainkannya dua kali di final.”

Lee, yang 10 tahun lebih tua dari Kidambi, memenangkan medali emas individu dan campuran dalam edisi 2006 dan 2010 di Melbourne dan New Delhi dan akan pensiun dari kompetisi Commonwealth Games dengan lima medali emas dan perak.

Kidambi mengatakan, dia akan menjadi pemain yang lebih baik untuk pengalaman Permainan Persemakmuran pertamanya.

"Ketika Anda bermain melawan pemain yang bagus seperti itu, Anda harus selalu siap sepanjang pertandingan," katanya. “Saya memulai dengan baik tetapi banyak membuat kesalahan sendiri.”

“Pada babak ketiga saya seharusnya tidak memberikan dia. Dia bermain jauh lebih baik. "

Sementara, di tunggal putri perorangan Saina Nehwal menang 21-18, 23-21 atas teman senegaranya India,Venkata Pusarla dengan meraih emas di Commonwealth Games.

Nehwal, peraih medali perunggu Olimpiade pada tahun 2012, menempatkan gelarnya di Gold Coast dalam pencapaian kariernya.

"Anda benar-benar menginginkan medali emas untuk negara Anda dan saya senang bisa mendapatkannya untuk negara saya," katanya. “Saya benar-benar menempatkannya dengan medali Olimpiade dan peringkat No.1 dunia saya. Ini momen yang sangat emosional. ”

Malaysia memenangkan ganda putri dengan pasangan Mei Kuan Chow dan Vivian Hoo mengalahkan ganda asal Inggris Lauren Smith dan Sarah Walker dengan angka 21-12, 21-12.

Inggris mengumpulkan dua medali emas di hari terakhir. Tim suami-istri Chris dan Gabrielle Adcock memenangkan ganda campuran dengan 21-19, 17-21, 21-16 atas Marcus Ellis dan Lauren Smith, dan kemudian Ellis bergabung dengan Chris Langridge untuk memenangkan ganda putra 21-13, 21-16 atas Satwik Rankireddy dan Chirag Chandrashekhar Shetty dari India.



Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
15-04-2018 14:41