Main Menu

Tontowi/Liliyana ke Final Badminton Asia Championships 2018

Iwan Sutiawan
28-04-2018 17:35

Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir (GATRA/Adi Wijaya/FT02)

Wuhan, Gatra.com - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir maju ke babak final Badminton Asia Championships 2018 setelah mengalahkan ganda capuran tuan rumah Zheng Siwei/Huang Yaqiong dua set langsung.

Tontowi/Liliyana dikutip dari laman PBSI, Sabtu (27/4), menang dua set langsung dengan skor 21-11 dan 21-13. Kemenangan ini sekaligus membayar kekalahan Tontowi/Liliyana di kandang sendiri pada Indonesia Masters 2018, saat itu mereka dikalahkan dengan skor 14-21 dan 11-21.

Tampil percaya diri, Tontowi/Liliyana langsung mengontrol jalannya pertandingan. Bahkan mereka memimpin jauh hingga 16-9 di game pertama. Sempat tertinggal di game kedua, Tontowi/Liliyana lagi-lagi mengunci permainan Zheng/Huang di akhir permainan.

"Kami tidak menyangka bisa menang mudah, kalaupun menang, kami pikir akan ketat. Sebetulnya kami sudah siap capek, siapkan semuanya. Jadi, lawan mau main seperti apa pun kami siap," ujar Liliyana setelah pertandingan.

"Puji Tuhan kami hari ini bisa menerapkan pola yang benar, komunikasi baik sehingga bisa tuntaskan dengan cepat dan simpan tenaga untuk besok," tambah Liliyana.

Tontowi/Liliyana tampil begitu percaya diri meskipun Zheng/Huang mendapat dukungan penuh dari penonton yang memadati stadion Wuhan Sports Center. Sebaliknya, Zheng/Huang justru terlihat kebingungan karena tak bisa mengembangkan permainan.

"Ini yang kejadian dengan kami di Indonesian Masters, seperti buntu mau main apa. Nah sekarang mereka yang bingung, dari servis juga kelihatan bingung mau arahkan kemana, kami di sini ada, di sana ada, salah buang bisa bahaya. Kami tampil tenang, Owi penguasaan lapangannya bagus, saya di depan juga bisa lihat celah yang tepat," beber Liliyana.

"Sebetulnya permainan lawan sama saja dengan di Indonesian Masters lalu, yang beda itu pola main kami. Selain itu ada motivasi tersendiri, waktu itu mereka mengalahkan kami di kandang sendiri, sekarang kami mau balas kalahkan mereka di kandang mereka," tutur Tontowi.

Masih ada satu kesempatan lagi untuk menambah wakil ke final lewat pasangan ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris yang akan menghadapi Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dari Jepang.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
28-04-2018 17:35