Main Menu

Empat Kali Fault The Minions Gagal Pertahankan Gelar China Open

Iwan Sutiawan
22-09-2018 17:06

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. (Dok. Humas PBSI/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, gagal mempertahankan gelar yang mereka raih di China Open 2018. Empat kali dinyatakan salah melakukan servis (fault) oleh hakim pertandingan merusak konsentrasi bermain.

 

"Memang berpengaruh [servis dinyatakan fault]. Dengan kondisi shuttlecock yang kencang seperti ini, kalau sudah tidak konsentrasi dengan servis, mau main bagaimana?" ujar Kevin.

Kevin mengungkapkan, hakim servis sempat empat kali menyatakan servis fault. Keputusan tersebut sangat merugikan dari sisi perolehan poin dan juga merusak konsentrasi.

"Ini merusak fokus kami ketika akan servis. Saya rasa sebaiknya ada alat pengukurnya, jadi bisa lebih fair," kata Marcus menimpali seperti dilansir laman PBSI.

Ganda putra Indonesia berjuluk The Minions tersebut gagal mempertahankan gelar di China Open setelah kalah dari pasangan Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong pada babak semifinal di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzhou, Jiangsu, China, Sabtu (22/9).

Kevin/Marcus yang menjadi unggulan pertama, kalah 1-2 dengan skor 19-21, 21-11, 17-21. The Minions tidak dapat mengatasi permainan cepat dan keras yang dimainkan Han/Zhou.

Pada games pertama, ganda putra rangking satu dunia asal Indonesia itu gagal mengamankan poin-poin kritis saat kedudukan imbang 18-18. Serobotan cepat yang dilakukan Han/Zhou membuat Kevin/Marcus tak leluasa mengembalikan bola.

Tertinggal 0-1, Kevin/Marcus berusaha keras untuk mengalahkan Han/Zhou. The Minios tak memberilan lawan kesempatan untuk mengembangkan permainan hingga akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan angka 21-11.

Kedudukan 1-1 membuat laga penentu atau ketiga berlangsung sengit. Namun The Minion kembali gagal mengontrol poin-poin kritis pada kedudukan 16-16, di antaranya karena 4 kali dinyatakan fault. Han/Zhou pun memanfaatkan kesempatan ini.

"Soal lawan hari ini, ya kurang lebih tipe permainan mereka sama dengan pasangan Tiongkok yang lain," tambah Marcus.


Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
22-09-2018 17:06