Main Menu

Bulan Terakhir Musim Regular, Cedera Pemain IBL Bertambah

Edward Luhukay
01-04-2016 11:45

Jakarta, GATRAnews - Situasi pelik mendera beberapa tim peserta kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2016. Pasalnya, mereka tengah dihadapkan dengan cedera yang dialami oleh pemain andalannya. Satria Muda Pertamina Jakarta, semisal, yang kehilangan small forward Vamiga Michel. Vamiga terkena dislokasi bahu di seri II yang lalu, dan telah menjalani operasi tanggal 9 Maret kemarin.

Vamiga mengatakan, proses penyembuhan cederanya akan memakan waktu yang cukup lama. "Berdasarkan prakiraan, saya akan istirahat pasif selama tiga bulan setelah operasi. Setelah tiga bulan, saya baru diperbolehkan masuk ke lapangan untuk latihan. Untuk kembali bertanding, kira-kira baru bisa setelah enam bulan. Jadi, boleh dibilang ini menjadi season ending injury bagi saya," ujarnya, seperti dikutip dari situs iblindonesia.com.

Nasib serupa turut dialami pemain CLS Knights Surabaya, A. A. Ngurah Wisnu Budidharma. Wisnu mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL), yang didapat ketika membela timnya dalam pertandingan menghadapi Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta pada seri III lalu. "Saya sudah menjalani operasi tanggal 14 Maret kemarin di Filipina. Dan, syukur operasinya berjalan dengan lancar. Sekarang tinggal proses terapi penyembuhannya saja," ungkapnya.

Wisnu bakal beristirahat minimal enam bulan pasca-operasi. Dengan demikian, ia akan absen membela CLS hingga kompetisi IBL 2016 berakhir.

Daftar pemain cedera kembali bertambah usai perhelatan seri IV Semarang. JNE Bandung Utama sudah hampir pasti kehilangan Luke Martinus dan Papin Nadapdap pada seri V Bandung nanti.

Berdasarkan informasi dari pihak manajemen Bandung Utama, Luke terkena cedera medial collateral ligament, sedangkan Papin menderita posterior cruciate ligament. Bahkan, banyaknya pemain yang cedera membuat Bandung Utama hanya bisa memainkan sembilan pemain pada laga terakhirnya di seri IV kontra Bimasakti Nikko Steel Malang. "Cederanya beberapa pemain tentu sangat mengganggu persiapan tim. Namun, dari situ kami bisa banyak belajar untuk proses pematangan tim," kata pelatih kepala Bandung Utama, Octaviarro "Ocky" Tamtelahitu.

Selain itu, Ocky juga menambahkan bahwa dua pemain lainnya, Andre Tiara dan Teddy Apriyana masih dalam kondisi fifty-fifty. Mereka akan dilihat perkembangannya dari hari ke hari. Jika terus membaik, ada kemungkinan keduanya sudah bisa diturunkan di seri V nanti.

Problem cedera juga turut menghampiri salah satu pemain Garuda Bandung, Sigit Harun Nurman. Sigit harus ditandu keluar lapangan di tengah-tengah pertandingan melawan M88 Aspac Jakarta karena mengalami kesakitan di bagian lutut.

Setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut, Sigit dipastikan terkena cedera ACL. Ia pun sudah terbang ke Filipina untuk menjalani operasi pada tanggal 4 April mendatang. "Untuk masa pemulihannya kira-kira butuh waktu 7-8 bulan. Semoga semua proses penyembuhan bisa berjalan dengan lancar," ujar Sigit.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
01-04-2016 11:45