Main Menu

Pelita Jaya Redam Bandung Utama, Adhi Pratama Cetak Double-double

Edward Luhukay
24-04-2016 23:50

Surabaya, GATRAnews - Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta harus berjuang keras sebelum akhirnya bisa menaklukkan JNE Bandung Utama di lanjutan seri VI Indonesian Basketball League (IBL) 2016. Kelly Purwanto dan kawan-kawan menang dengan skor 53-47 pada pertandingan yang digelar di GOR Kertajaya, Surabaya, Minggu (24/4). Center Pelita Jaya, Adhi Pratama tampil gemilang dengan torehan double-double (12 poin dan 11 rebounds).

Dua pemain Pelita Jaya lainnya, Brandon Jawato dan Dwi Haryoko, turut berkontribusi besar dengan raihan masing-masing 12 dan 10 poin. Sementara itu, Untung Gendro Maryono dan Andre Tiara sama-sama membukukan sembilan poin untuk Bandung Utama.
 
Kemenangan mudah sepertinya akan diraih oleh Pelita Jaya ketika mereka unggul 9-0 pada awal kuarter pertama. Namun, secara perlahan Bandung Utama mulai bangkit. Tembakan dari luar garis tiga angka menjadi senjata Bandung Utama untuk meraih angka demi angka. Pada sisi defense, Bandung Utama memasang full press defense untuk menghentikan serangan lawan. Alhasil, Bandung Utama terus mendekat, hingga akhirnya berbalik unggul 15-14 pada akhir kuarter pertama.
 
Momentum Bandung Utama terus berlanjut di awal kuarter kedua, sehingga bisa melebarkan keunggulan 20-15. Melihat situasi tersebut, Pelita Jaya mencoba meningkatkan tekanannya untuk bisa mendapatkan poin. Kesalahan sendiri yang dilakukan oleh para pemain lawan juga kerap bisa dioptimalkan oleh Pelita Jaya. Sepuluh poin beruntun yang dicetak oleh anak-anak Pelita Jaya, akhirnya membawa mereka balik unggul 27-23 pada akhir kuarter kedua.
 
Sekembalinya dari half time, seperti dilaporkan situs iblindonesia.com, Bandung Utama menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya, sehingga berhasil membalikkan kedudukan menjadi 32-27. Tapi, situasi tersebut tak berlangsung lama. Dengan mengandalkan Brandon Jawato, yang mencetak sembilan poin di kuarter ini, Pelita Jaya berhasil comeback. Pada penghujung kuarter ketiga, Pelita Jaya unggul tipis 44-43.
 
Pada kuarter terakhir, Pelita Jaya melebarkan margin keunggulannya. Kendati begitu, tak mudah bagi Pelita Jaya untuk bisa membongkar tembok pertahanan lawan. Di sisi lain, ketajaman Bandung Utama mengalami penurunan, sehingga hanya mampu membukukan empat poin di kuarter terakhir ini. Pelita Jaya pun mengakhiri pertandingan dengan skor kemenangan 53-47.
 
Kedua tim memiliki kekuatan yang cukup berimbang ditilik dari statistik. Bahkan, Bandung Utama memiliki Field-Goals-Attempt (FGA) yang lebih banyak dibandingkan sang lawan. Tim asal Bandung membuat 60 FGA, sedangkan Pelita Jaya hanya 44 FGA. Field Goals Made (FGM) kedua tim memiliki angka yang sama, yakni 18. Namun, Pelita Jaya berhasil meraih 15 angka dari lemparan bebas, sedangkan Bandung Utama hanya meraih enam poin.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
24-04-2016 23:50