Main Menu

Surabaya Dominasi Bola Basket Nasional

Edward Luhukay
30-05-2016 16:01

Jakarta, GATRAnews - Dua klub bola basket asal Surabaya, Surabaya Fever dan CLS Knights Surabaya, berhasil meraih gelar juara Indonesia pada Liga Bola Basket Wanita Indonesia (WIBL) 2016 serta Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2016. Surabaya Fever jawara setelah menundukkan Tomang Sakti Merpati Bali, Sabtu (28/5), sementara CLS menjadi juara baru setelah mengalahkan Pelita Jaya EMP Jakarta, Minggu (29/5).

Keberhasilan Surabaya Fever berhasil menyabet gelar juara WIBL 2016, sekaligus mempertegas dominasi Fever di kompetisi IBL 2016. Pasalnya, seperti dilansir situs WIBL, klub yang dimotori oleh Gabriel Sophia --Most Valuable Player (MVP) WIBL 2016-- ini tidak mengalami satu pun kekalahan sejak musim regular.

Surabaya Fever masih terlalu tangguh bagi klub-klub yang berlaga di WIBL, yakni Merah Putih Predators Jakarta, Sahabat Wisma Sehati Semarang, serta Tomang Sakti Merpati Bali.

"Tentu sangat senang bisa meraih gelar juara. Untuk MVP sendiri, sebenarnya tidak menyangka. Saya hanya berusaha untuk bermain bagus, apalagi kemarin kita juga sudah menang. Kita juga berusaha untuk tidak tegang di lapangan," jelas Gabriel, pemain kelahiran 22 November 1991, dikutip dari WIBL.

Sementara CLS mampu mengakhiri dominasi Aspac dan Satria Muda, dua klub besar asal Jakarta yang "langganan" menjadi juara nasional.

Situs iblindonesia.com menyebutkan, keberhasilan menjadi juara seakan melengkapi musim fantastis CLS di kompetisi IBL 2016. Sebelumnya, CLS berhasil keluar sebagai juara di musim regular. Skuad asuhan pelatih Wahyu Widayat Jati ini hanya menelan dua kali kekalahan selama 33 kali bertanding di musim regular.

"Kemenangan CLS ini berarti meresmikan suatu prestasi membanggakan bagi Kota Surabaya karena tahun ini juara liga bola basket profesional Indonesia baik putra maupun putri diboyong ke Kota Pahlawan," tulis IBL.

Satu fakta unik terkait penyelenggaraan liga bola basket nasional yang kini memiliki nama IBL --sebelumnya National Basketball League (NBL)--, sempat disinggung melalui akun Twitter @mainbasket. "Musim pertama NBL Indonesia, Satria Muda juara di DBL Arena. Musim ini, CLS Knights jura IBL di Britama Arena. #FinalIBL2016," cuit @mainbasket.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
30-05-2016 16:01