Main Menu

PON 2016 - Kontingen Jabar Yakin Jadi Juara Umum

Wanto
16-09-2016 08:40

Bandung, GATRAnews - Dengan total perolehan 12 medali emas pada Kamis (15/9), kontingen Jawa Barat (Jabar) lebih percaya diri untuk mencapai target 25% dari total 75 medali emas yang dipertandingkan sebelum pembukaan PON 2016 Sabtu (17/6) mendatang. Total pencapaian Jabar itu didapat dari cabang olahraga (cabor) judo dengan 5 medali emas, drum band (2), renang (3), dayung (1), dan catur (1).

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Jabar Ahmad Saefudin mengaku bangga dengan perjuangan para atlet digelanggang pertandingan. Semangat yang berkobar dari atletnya berbuah hasil yang sangat luar biasa.

"Kesimpulannya dengan pencapaian para atlet yang mempersembahkan medali emas, tentu sangat luar biasa. Ini akan menjadi suntikan motivasi bagi para atlet yang akan mengikuti jejak rekannya yang sudah meraih emas bagi Jabar," ungkapnya dalam situs resmi PB PON.

Menurutnya, dengan torehan 12 medali emas pada hari ini, menjadi sebuah formulasi baru bagi cabang olahraga lain untuk tetap fokus dan berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mencapai Jabar Kahiji pada PON XIX/2016 ini.

Ahmad meprediksi jika Jumat (16/9) besok, raihan medali emas untuk kontingen Jabar jumlahnya tidak akan jauh dari raihan yang ditorehkan hari ini. Ia menargetkan 25% dari jumlah medali emas yang diperebutkna setiap harinya bisa tercapai.

"Target masing-masing cabor harus sesuai dengan yang dicanangkan sebelumnya. Memang ada beberapa nomor dari cabor yang meleset, tapi itu bisa tertutupi dengan raihan cabor lainnya yang melebihi target," ucapnya.

Kontingen Jabar, Kamis (15/9) masih berada pada posisi teratas klasemen sementara raihan medali PON XIX/2016. Dengan total 31 medali yang terdiri dari 15 medali emas, 10 perak dan 6 perunggu.

Unggul atas DKI Jakarta yang berada di urutan kedua dengan total medali 18 keping, yakni 7 emas, 4 perak, dan 7 medali perunggu. Sementara peringkat ketiga ditempati Jawa Timur dengan raihan 2 medali emas, 6 perak dan 5 perunggu. "Sudah kelihatan satu simpul terbuka untuk mencapai Jabar Kahiji," katanya.



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay

Wanto
16-09-2016 08:40