Main Menu

PON 2016 - Jabar Raih Emas Bola Basket Putra

Wanto
28-09-2016 21:30

Bandung, GATRAnews - Tim  bola basket putra Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih medali emas cabang bola basket Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar. Kepastian itu didapat setelah mengalahkan Jawa Timur (Jatim) pada final dengan skor 62-49 di GOR C-Tra Arena, Kota Bandung, Jabar, pada Rabu (28/9) petang.

Sepanjang pertandingan 4x10 menit, dengan mengandalkan kerja sama tim, Jabar terus memimpin skor dari kuarter ke kuarter. Pada kuarter pertama, Jabar unggul tipis 18-17, kuarter kedua 35-31, kuarter ketiga 54-43, dan kuarter keempat 62-49. Kemenangan ini pun tak lepas dari dukungan ribuan pendukung tuan rumah yang memadati tribun penonton.

Pelatih bola basket Jabar, Ricky Gunawan, mengatakan, pertandingan di final merupakan permainan terbaik yang ditampilkan anak asuhnya. Semua yang diinstruksikan dapat diterapkan dengan baik selama pertandingan.

"Ini pertandingan yang sangat ketat, tapi kami terus memimpin dari kuarter ke kuarter. Permainan anak-anak memang yang terbaik hari ini di final dan mampu mengalahkan Jatim yang memiliki skill dan teknik yang baik. Kerja sama dan kekompakan tim yang menjadi kunci kemenangan," papar Ricky seperti dikutip dari situs resmi PB PON.

Dia menambahkan, Jan Misael yang bertindak sebagai kapten tim dinilai mampu memimpin dan memotivasi tim di lapangan. Hal ini begitu terlihat di kuarter ketiga saat unggul 11 poin dan kuarter keempat unggul hingga 13 poin.

Kemenangan atas Jatim ini sekaligus membalas kekalahan Jabar saat penyisihan di Pool B beberapa hari lalu. Saat itu, Jatim unggul dengan selisih tujuh poin, 77-70.

Dengan meraih medali emas ini, tim basket putra Jabar berhasil mengulang sukses ketika menjadi kampiun di PON Riau 2012.



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay

Wanto
28-09-2016 21:30