Main Menu

Wapres JK Optimis Semua Venue Asian Games Selesai Sesuai Jadwal

Anthony Djafar
26-03-2017 19:23

Jakarta, GATRAnews - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melakukan serangkaian acara mengunjungi sejumlah venue untuk memastikan proses penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 berlangsung lancar. “Insya Allah saya optimis,” kata Wapres JK kepada sejumlah awak media usai meninjau beberapa Venue, Minggu Siang (26/3).


 

Menurut Wapres, sejauh ini dari semua venue yang dikerjakan telah sesuai jadwal yang dilaporkan oleh panitia, hanya memang ada dua venue yakni renovasi kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan venue renang (aquatic) di Senayan yang terbilang masih berat proses pengerjaannya dan membutuhkan waktu eksta untuk diselesaikan.

 

“Semuanya memperlihatkan kemajuannya dan diharapkan akhir Tahun bisa selesai. Saya melihat, yang paling berat itu GBK dan renang. Yang lain tidak seberat itu (pengerjaannya). Insya Allah, yang berat saja bisa selesai akhir tahun ini, apalagi yang lain,” kata Wapres.

 

Wapres mengungkapkan proses pengerjaan semua venue sudah berlangsung sekitar setahun dan memperlihatkan kemajuan yang berarti sekitar 70 persen dan diharapkan susah selesai sebelum pelaksanaan Asian Games pada tanggal 18 Agustus 2018. “Sebagian selesai akhir tahun ini,” katanya.

 

Soal wisma atlet yang terakhir dikunjungi, Wapres menyebut bahwa lokasi tersebut lebih baik dari penyelenggaraan kegiatan olahraga yang justru lebih bergengsi seperti olimpiade di Rio De Jenairo, Brasil dan di Olimpiade lain di London. “Tadi disampaikan oleh Erick Tohir dan ibu Puan Maharani bahwa perkampungan (wisma atlet) ini lebih dari Olimpiade Brazil dan London,” kata Wapres.

 

Hari ini Wapres JK mengunjungi enam lokasi venue bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri, Menteri pekerjaaan Umum dan Perumahan, Basoeki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sesmenpora, Gatot S Dewabroto, Presiden (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee) INASGOC Erick Thohir.

 

Erick Thohir yang juga ketua KOI mengapresiasi langkah Wapres yang secara marathon sebagai Ketua Tim Pengarah Asian Games, menggelar rapat kemudian turun langsung menyaksikan perkembangan pengerjaaan beberapa venue yang ada.

 

“Kami mengapresiasi Wapres langsung bergerak. Kehadiran JK dalam rapat tersebut semakin memotivasi para panitia pelaksanaan Asian Games 2018 untuk bekerja lebih cepat dan disiplin,” kata Erick.

 

Sehari sebelumnya, digelar rapat di INASGOC, lantai 19, di gedung FX Plaza Office. Menurut KemenPUPR, pembangunan dan renovasi venue berjalan lancar dan menunjukkan kemajuan hingga 53,95 persen.

 

Kemajuan tampak dari kompleks Gelora Bung Karno (GBK) yang sudah mencapai 32,52 persen untuk tujuh paket pekerjaan yaitu 14 venues di kompleks sudah mencapai kemajuan pembangunan hingga 32,47 persen dan dua paket penataan kawasan GBK 37,34 persen.


Reporter: Anthony Djafar

Editor: Dani Hamdani

Anthony Djafar
26-03-2017 19:23