Main Menu

Pentathlon SIap Persembahkan Hasil Terbaik di Asian Games 2018

Hendri Firzani
24-04-2018 13:51

Tiga bulan jelang Asian Games 2018, atlet-atlet cabang olahraga Penthatlon terus mempersiapkan diri. Sekjen Persatuan Modern Pentathlon Indonesia (MPI) Merari Nainggolan mengatakan, meski tak diberi target, atlet atlet Pentathlon harus berusaha memberikan hasil terbaiknya di Asian Games mendatang. (Dok.MPI/RT)

Jakarta, Gatra.com - Tiga bulan jelang Asian Games 2018, atlet-atlet cabang olahraga Penthatlon terus mempersiapkan diri. Sekjen Persatuan Modern Pentathlon Indonesia (MPI) Merari Nainggolan mengatakan, meski tak diberi target, atlet atlet Pentathlon harus berusaha memberikan hasil terbaiknya di Asian Games mendatang.


Hal itu disampaikan Merari saat memberikan briefing dan moivasi kepada para atlet Pelatnas Pentathlon. Dalam kesempatan itu, Merari yang juga manager tim Pentathlon menerangkan bahwa Pentathlon sebenarnya sudah diperlombakan di beberapa even Asian Games sebelumnya. Namun, tim Indonesia baru bisa berpartisipasi di tahun ini.

Pelatnas pentathlon hanya diikuti enam atlet (masing-masing tiga pria dan putri) yang baru berjalan awal Februari 2018 lalu. Nantinya, keenam atlet tersebut akan diseleksi lagi menjadi hanya empat orang (dua putra dan putri) yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Modern pentathlon sendiri merupakan gabungan dari lima disiplin olahraga yaitu renang, anggar, berkuda, menembak, dan lari. Sistem pemberian poin di setiap nomor juga berbeda.

Pada nomor renang gaya belas 200 m, peserta diuji dalam hal kecepatan. Semakin cepat dari batas waktu standar yang diberikan, semakin banyak pula poin yang diraih. Pada nomor anggar, setiap atlet akan saling bertarung dan harus mencetak poin terbanyak dalam satu menit.

Sedangkan pada berkuda, peserta akan berlomba di nomor jumping melewati berbagai rintangan. Terakhir adalah gabungan dari lari sejauh 3 km dan diselingi adu kecepatan menembak di jarak 10 m rifle.


 

Editor: Hendri Firzani 

Hendri Firzani
24-04-2018 13:51