Main Menu

Tomokazu Harimoto Hentikan Dominasi Cina di Tenis Meja

Arif Prasetyo
11-06-2018 14:59

Petenis Meja Jepang Harimoto Tomokazu. (Dok. Wikipedia/Peter Porai-Koshits/FT02)

Tokyo, Gatar.com – Petenis meja muda Jepang Tomokau Harimoto akhirnya memenangkan pertandingan tunggal putra Tur Dunia ITTF 2018 dengan mengalahkan pemain Cina Zhang Jike, Ahad (10/6). Sebelumnya Harimoto di semi final mampu mengalahkan pemain Cina dan legenda di tenis meja, Ma Long.

 

Seperti dilansir laman ITTF, Senin (11/6), pemain berusia 14 tahun ini menang secara dramatis atas Zhang Jike dengan skor (9-11, 8-11, 11-9, 11-4, 10-12, 11-7, 13-11) di Seamaster 2018 ITTF World Tour Lion Jepang Terbuka di Kitakyushu.

Bertemu pekan lalu di Cina Terbuka 2018 di Shenzhen, Tomokazu Harimoto memenangkan pertandingan dengan meyakinkan, meski melalui pertandingan yang sangat ketat.

Berbeda sekali dengan pertemuannya di Hong Kong, dua pertandingan pembukaan tur ITTF di Kitakyushu sempat dikendalikan oleh Zhang Jike untuk mencegah permainan agresif Tomokazu Harimoto. Namun, akhirnya berbalik, momentum itu sepenuhnya bergeser kepada bintang remaja Jepang yang akhirnya memenangkan pertandingan.

Bertanding di Kitakyushu, baik Zhang Jike maupun Tomokazu Harimoto saling mengalami keberuntungan dalam mengejar angka: tertinggal 10-8 di game kelima, Zhang Jike memulihkan poin back-to-back termasuk memotong tepi belakang meja sebelum melanjutkan untuk menang deuce. Sementara Tomokazu Harimoto juga menarik pemenang back edge pada game point untuk memenangan pertandingan menjadi penentu.

Pertandingan final berjalan paling dramatis. Zhang Jike pulih menemukan performanya dari kedudukan 5-1. Namun lagi-lagi Zhang membuat kesalahan pukulannya banyak keluar hingga menguntungkan lawan pada 9-10. Lantas, Harimoto berhasil menyamakan pada 10-10.

Sekali lagi Harimoto memimpin 12-11 dan butuh satu poin untuk memenangkan. Dengan keluarnya pengembalian dari Zhang, Harimoto langsung merebahkan ke lantai merayakan kemenangannya sebelum berjabat tangan pada Zhang.

Tomokazu Harimoto kini memegang dua piala ITTF World Tour Men Singles dan telah menjadi pemenang Singles Pria Jepang pertama di Jepang Terbuka sejak Masato Shiono pada tahun 2013.

Bagi Zhang Jike kekalahan ini bukan hasil akhir yang mengecewakan tapi dia senang dengan penampilannya secara keseluruhan di Kitakyushu. Zhang senang bisa mencapai final pertamanya di ITTF Tur Dunia sejak 2016.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
11-06-2018 14:59