Main Menu

Nadal Surprise Bisa Kembali Angkat Trofi Perancis Terbuka di Usia 32

Iwan Sutiawan
12-06-2018 21:25

Rafael Nadal mengangkat trofi Perancis Terbuka.(Reuters/Benoit Tessier/re1)

Jakarta, Gatra.com - Rafael Nadal mengangkat trofi Perancis Terbuka untuk ke-11 kalinya. Dia mengaku sangat "surprise" bisa kembali mengangkat trofi Grand Slam di usianya yang ke-32 karena sempat membayangkan sudah pensiun dan bersama keluarga di usia ini.

"Pada usia ini saya pikir saya akan pensiun dan akan memiliki keluarga," kata Nadal dilansir laman Reuters, Selasa (12/6).

Nadal yang mempertahankan peringkat nomor satu dunia setelah memenangkan Prancis Terbuka pada hari Minggu kemarin itu, juga mengaku terkejut karena bersama saingannya Roger Federer yang berusia 36 tahun bisa terus mendominasi permainan di turnamen ini.

Karir duo petenis ini mempunyai kemiripan, keduanya absen karena cedera pada tahun 2016 tetapi dalam 18 bulan terakhir, dalam enam kejuaraan dimenangkan oleh Federer atau Nadal.

Ketika Federer mengalahkan Nadal pada final Australia Terbuka 2017, Swiss merupakan "kekeringan" terakhir gelar Grand Slam selama lima tahun. Nadal juga mengira hari-hari kejayaannya sudah berakhir karena tanpa gelar di 2015 dan 2016.

"Ini mengejutkan karena pada tahun 2017 saya telah pergi selama dua tahun tanpa memenangkan Grand Slam dan saya pikir dia sudah tanpa satu sejak 2012 juga," kata Nadal.

"Tentu saja itu kejutan karena ketika sudah lama tidak menang, Anda tidak tahu apakah Anda akan melakukannya lagi," ujarnya.

Kemenangan Nadal pada hari Minggu membuatnya mendapatkan slam ke-17, menempatkannya hanya tiga di belakang catatan rekor Federer 20.

Namun, dia bersikeras tidak menargetkan diri untuk mengalangkahi Federer. "Jelas saya ingin memiliki 20 gelar seperti dia [atau lebih] tapi itu tidak ada di kepala saya sekarang, dan 17 adalah angka yang luar biasa. Saya ingin menikmati momen itu," ujarnya.

"Saya tidak bisa berpikir tentang kemenangan berikutnya, itu membuat saya gila. Anda tidak bisa membuat diri Anda gila jika seseorang memiliki lebih banyak gelar," katanya.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
12-06-2018 21:25